Obyek Wisata Candi Prambanan

 Candi Prambanan yaitu bangunan mengagumkan cantik yang di bangun di era ke-10 pada saat pemerintahan dua raja, Rakai Pikatan serta Rakai Balitung. Menjulang setinggi 47 meter (5 mtr. lebih tinggi dari Candi Borobudur), berdirinya candi ini sudah penuhi keinginan pembuatnya, menunjukkan kejayaan Hindu di tanah Jawa. Candi ini terletak 17 km. dari pusat kota Yogyakarta, di dalam area yang waktu ini di bangun taman indah.
candi-prambanan
Ada suatu legenda yang senantiasa dikisahkan orang-orang Jawa perihal candi ini. Alkisah, lelaki bernama Bandung Bondowoso menyukai Roro Jonggrang. Dikarenakan tidak menyukai, Jonggrang meminta Bondowoso bikin candi dengan 1000 arca dalam semalam. Keinginan itu nyaris terpenuhi sebelum saat Jonggrang meminta warga desa menumbuk padi serta bikin api besar supaya terbentuk situasi seperti pagi hari. Bondowoso yang baru bisa bikin 999 arca lalu mengutuk Jonggrang jadi arca yang ke-1000 lantaran merasa dicurangi.

Candi Prambanan mempunyai 3 candi utama di halaman utama, yakni Candi Wisnu, Brahma, serta Siwa. Ketiga candi itu yaitu simbol Trimurti dalam keyakinan Hindu. Ketiga candi itu menghadap ke timur. Setiap candi utama mempunyai satu candi pendamping yang menghadap ke barat, yakni Nandini untuk Siwa, Angsa untuk Brahma, serta Garuda untuk Wisnu. Diluar itu, masih ada 2 candi apit, 4 candi kelir, serta 4 candi pojok. Sementara, halaman ke-2 mempunyai 224 candi.

Masuk candi Siwa yang terdapat di dalam serta bangunannya tertinggi, anda bakal menjumpai 4 buah ruangan. Satu ruangan utama diisi arca Siwa, sesaat 3 ruangan yang lain masing-masing diisi arca Durga (istri Siwa), Agastya (guru Siwa), serta Ganesha (putra Siwa). Arca Durga tersebut yang disebut-sebut sebagai arca Roro Jonggrang dalam legenda yang dikisahkan diatas.

www.richard-seaman.com
Candi pendamping yang cukup memikat yaitu Candi Garuda yang terdapat di dekat Candi Wisnu. Candi ini menaruh cerita perihal sosok manusia 1/2 burung yang bernama Garuda. Garuda adalah burung mistik dalam mitologi Hindu yang bertubuh emas, wajahnya putih, bersayap merah, berparuh serta bersayap serupa elang. Diprediksikan, sosok itu yaitu penyesuaian Hindu atas sosok Bennu (bermakna ‘terbit’ atau ‘bersinar’, umum diasumsikan dengan Dewa Re) dalam mitologi Mesir Kuno atau Phoenix dalam mitologi Yunani Kuno. Garuda dapat menyelamatkan ibunya dari kutukan Aruna (kakak Garuda yang terlahir cacat) dengan mengambil Tirta Amerta (air suci para dewa).