Obyek Wisata Goa Pindul Yogyakarta

DSC_7529

Wisata Goa Pindul, Gunungkidul. Memang kabupaten di Yogyakarta ini kaya akan tempat wisata yang benar-benar menarik. Kepopuleran wisata Gunungkidul tak terlepas dari peran serta dunia maya, dikarenakan makin banyak saja situs (blog) atau situs yang menginformasikan tentang obyek wisata di Gunungkidul ini.

Satu diantara obyek wisata di Gunungkidul yang harus dikunjungi terlebih bila sahabat seseorang pencinta alam, yaitu Goa Pindul.
Goa Pindul adalah goa dengan keindahan yang luar biasa. Untuk menikmati keindahan goa ini, kita mesti menyusuri sungai bawah tanah yang ada di goa itu. Menyusuri sungai dengan memakai pelampung atau ban adalah hal yang benar-benar mengasyikkan.

Bukan sekedar berenang saja, sepanjang perjalanan di sepanjang aliran sungai kita dapat nikmati keindahan stalagtit serta stalakmit goa yang mengagumkan. Di goa yang mempunyai panjang 350 meter ini juga adalah rumah kelelawar yang pada siang hari tengah tidur menggantung di langit-langit goa.
goa-pindul-suasana-dalam-goa
Di Goa Pindul ini terdiri dari 3 bagian yakni bagian terang yang ada di seputar mulut goa, bagian remang lantaran tetap ada cahaya matahari yang masuk serta bagian gelap. Kedalaman sungai bawah tanah di goa ini sendiri dapat mencapai 7 meter, hingga pengunjung diharuskan terus diatas ban maupun memakai pelampung.

Di salah satu sisi goa ada tempat yang mendapat banyak cahaya matahari, serta ditempat ini pengunjung dapat nikmati kejernihan air dengan berenang serta loncat dari ketinggian dinding goa.

Goa Pindul sendiri terdapat di Desa Beji, Kecamatan Karang Mojo, Kabupaten Gunungkidul. Lokasinya dapat ditempuh jangka waktu 1, 5 – 2 jam dari kota Yogya. Pengelolaan tempat wisata ini dikerjakan oleh swadaya dengan kata lain oleh masyarakat sekitar.
CAM01809
Untuk berkunjung ke tempat wisata ini, sahabat tak perlu repot-repot membawa peralatan seperti ban atau pelampung, lantaran pihak pengelola telah mempersiapkan semuanya. Dengan membayar tarif Rp 30 ribu per orang, pengunjung sudah dapat menyusuri kedalaman Goa Pindul komplit dengan pelampung/ban, pemandu, transportasi, serta juga asuransi. Bagaimana? Tertarik berpetualang ke Goa Pindul, Gunungkidul.