Obyek wisata Pantai Balekambang

 

Pantai Bale Kambang Jawa Timur – Salah satu pantai terkenal di Malang adalah Pantai Balekambang. Pantai yang yang berlokasi di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, kurang lebih 65 km di selatan kota Malang ini adalah objek wisata favorit warga Malang. Serunya, di pantai ini tidak terdapat batu karang, jadi ombak yang datang akan langsung menuju ke pantai dan menerpa kaki pengunjung. Pantai Balekambang menjadi sangat ramai khususnya pada bulan Suro, di mana terjadi upacara Suroan dan Jalanidhi Puja yang adalah upacara adat yang selalu diadakan di pantai ini.
13
Daya tarik Pantai Balekambang selain pantainya yang membentang 2 km adalah sebuah pura yang megah yang bertempat di Pulau Ismoyo. Ngalamers dapat menuju ke pura ini dengan mudah karena adanya sebuah jembatan panjang yang menghubungkan bibir pantai dengan pura. Tapi perlu diingat bahwa wanita yang sedang datang bulan dilarang memasuki kawasan pura, karena pura ini dianggap sebagai tempat suci yang digunakan ibadah umat Hindu. Ada sebuah kepercayaan yang beredar, jika Anda melanggar aturan ini maka akan dirasuki oleh roh penunggu pura. Selain Pulau Ismoyo dengan pura-nya, Pantai Balekambang juga memiliki 2 pulau lainnya, yaitu Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni.
14

Duduk-duduk di bawah pohon rindang atau bermain pasir dan air laut adalah kegiatan yang lazim dilakukan para wisatawan yang mengunjungi pantai ini. Selain itu, Anda juga bisa beristirahat di bungalow sederhana yang ada di sekitar pantai. Bagi Ngalamers yang suka camping, Balekambang juga menyediakan bumi perkemahan. Fasilitas pendukung lainnya antara lain kolam renang, rumah makan, kios cinderamata, tempat informasi, mushola, pendopo, serta tempat parkir yang luas.

Untuk mencapai lokasi Pantai Balekambang, Anda bisa menempuh dua rute yang berbeda. Satu yaitu lewat Kecamatan Gondanglegi dan Kecamatan Bantur baru ke Desa Srigonco. Rute lainnya yaitu dengan melewati Kecamatan Kepanjen, kemudian ke arah Pagak. Dari Pagak, Anda bisa mengambil jalan yang mengarah ke Kecamatan Bantur.

Namun sayangnya rute menuju Pantai Balekambang ini tergolong buruk sehingga Ngalamers perlu berhati-hati jika berkendara. Hal ini karena di beberapa bagian jalan sudah rusak parah dan penuh lubang yang tentunya akan sangat berbahaya jika Anda tidak berkonsentrasi. Jika Anda sudah merasa jenuh dengan keramaian Pantai Balekambang, Anda bisa berjalan kaki sedikit menuju Pantai Kondang Merak karena keindahan dan suasananya yang tenang sungguh sayang untuk dilewatkan begitu saja.