Obyek Wisata Pantai Pandawa

Pantai Pandawa Bali- Terdapat di Kuta Selatan, Kabupaten Badung Bali. Asal “Pandawa” sendiri diperoleh dari sebutan untuk tokoh protagonis didalam epos Mahabharata, yaitu kakak-beradik Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa. Maka dari itu, jika anda traveling ke sana, di sepanjang jalan anda akan mendapati patung kelima tokoh tersebut di antara tebing-tebing karst yang sangat tinggi.
3
Keindahan Pulau Dewata, Bali, seperti  tak ada habisnya. Saat kawasan Pantai Kuta telah dipenuhi oleh wisatawan domestik dan mancanegara, Pantai Pandawa hadir sebagai destinasi alternatif yang harus dikunjungi.

Akses menuju Pantai Pandawa dulunya sangat sulit. Jalanan buruk. Ia hanya dapat dicapai setelah merayapi celah-celah tebing-tebing dan juga semak belukar. Maka dari itu, meski yang hanya berjarak beberapa kilometer dari Nusa Dua, Pantai Pandawa selalu sepi pengunjung. Pesona di selatan Kuta, Bali ini baru muncul ke permukaan setelah pemerintah daerah turun tangan.
4
Selama kurun waktu terakhir, pemerintah telah membuka akses jalan sepanjang 1,5 km menuju ke  Pantai Pandawa. Hal ini dapat menaikan pamor pantai Pandawa di mata wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Karena aksesnya yang sangat dekat dari pusat kota, Pantai Pandawa dapat ditempuh dalam kurun waktu satu jam dari bandara Ngurah Rai, via Garuda Wastu Kencana dan Nusa Dua. Tapi sayang ,Pandawa belum didukung transportasi umum yang memadahi. Wisatawan yang hendak ke sana mesti menggunakan mobil dan motor.

Di sisi lansekap, Pantai Pandawa tentu sangat indah dilihat.  Pasirnya berwarna putih dengan air berwarna biru. Ombak di sana tak sampai ke bibir pantai, walau angin dan gelombang laut terbilang cukup besar dan tidak bisa diprediksi. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Pandawa seperti bermain kano dan paragliding. Jika tidak tergesa- gesa ingin main air, berjalan-jalanlah di sepanjang pantai. Anda bisa menemukan banyak jajanan pasar dan pusat pembudidayaan rumput laut. Masyarakat lokal mulai melakukannya sekitar 30 tahun silam.