Obyek Wisata Pantai Sekotong

Pantai Sekotong Nusa Tenggara Barat – Pulau Lombok memang memiliki banyak potensi wisata. Salah satu potensi wisata yang cukup menarik adalah Pantai Sekotong. Keindahan pantai berpasir putih, air laut nan membiru, dan panorama alam nan mempesona, bisa dinikmati di obyek wisata ini. Pantai Sekotong terletak di Kabupaten Lombok Barat, Provinsi NTB. Obyek wisata ini cukup mudah dicapai dari Kota Mataram (ibukota Provinsi NTB), yang hanya berjarak sekitar 60 kilometer. Untuk mencapai Pantai Sekotong, anda bisa menggunakan angkutan umum yang ada di daerah tersebut. Waktu tempuh Mataram menuju Sekotong hanya berkisar 1,5 sampai 2 jam. Di pantai Sekotong, anda bisa berenang dengan tenang. Selain itu, di obyek wisata ini pun anda dapat menikmati sepuasnya mandi matahari (sun baking).

5
Suasana Pantai Sekotong yang tidak terlalu padat pengunjung, menjadikan anda betah berlama-lama bercanda dengan deburan ombak di pantai ini. Pantai Sekotong yang masih relatif perawan, hanya padat pengunjung di saat akhir pekan. Tak hanya itu, di kawasan pantai Sekotong anda juga bisa menikmati keindahan budidaya biota laut. Sebab, di tempat itu ada Balai Budidaya Laut Lombok di bawah Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, Departemen Kelautan dan Perikanan.Biota laut seperti kerang abalone, ikan kerapu, lobster, ikan napoleon, teripang, dan lain-lain menjadi pemandangan yang tak akan menjemukan. Anda bisa juga mendaki bukit-bukit di sekitar pantai Sekotong. Pesona wisata pendakian bukit ini akan menjadi pengalaman yang langka. Karena, setibanya di puncak, anda akan disuguhi dengan hamparan panorama alam yang sangat cantik. Sepanjang mata memandang, akan ketemu perpaduan indahnya pantai, birunya air laut, Gunung Agung yang menjulang dan gugusan pulau kecil diseberang lautan.

6
Sejumlah pulau (Gili) seperti tersebar di depan mata. Menurut warga setempat, ada belasan pulau di perairan Gili Sekotong, seperti Gili Genting, Gili Lontar, Gili Gede, Gili Bedis, Gili Sudak, Gili Nanggu, Gili Tangkong, Gili Berairan, Gili Amben, Gili Asahan, Gili Layar, Gili Renggit, Gili Goleng, Gili Anyaran, dan Gili Poh. Jika anda ingin menginap, tidak perlu cemas karena di obyek wisata ini banyak tersedia penginapan dengan tarif yang sangat terjangkau dan fasilitasnya lengkap. Bagaimana, menarik bukan? Karena itu, tidak salah jika agenda kunjungan wisata anda berikutnya adalah Pantai Sekotong, di Lombok yang merupakan salah satu andalan pariwisata di pulau Lombok.