Obyek Wisata Pulau Moyo

Pulau Moyo Nusa Tenggara Barat – Pulau ini adalah salah satu objek wisata yang indah dan eksotis dari sekian banyak objek wisata yang berada di pulau Sumbawa. Pulau ini memiliki luas kurang-lebih 32.000 hektar yang sebagian besar wilayahnya masih berupa hutan dan pantai yang alami dengan berbagai hewan yang hidup di dalamnya. Pulau Moyo ini terletak sekitar 2.5 KM sebelah utara Pulau Sumbawa.

 

11
Di karenakan masih sangat alami, maka di sarankan pengunjung menggunakan jasa pemandu untuk memasuki pulau Moyo. Hal ini bisa di lihat dengan banyaknya berkeliaran hewan liar yang masih hidup di habitat aslinya seperti, rusa timor dan satwa besar lainnya yang ditetapkan sebagai satwa buru, seperti banteng, sapi liar, dan babi hutan.

Di Pulau Moyo ini juga hidup berbagai jenis burung langka yang dilindungi. Burung-burung itu di antaranya kakatua kecil jambul kuning (Cacatua sulphurea), burung gosong (Megapodius reinwardt), dan koakiau/cikukua tanduk (Philemon buceroides), serta berbagai jenis burung lainnya seperti beo sumbawa (Gracula religiosa venerata), punglor (Zoothera sp), dan ayam hutan (Gallus sp).

12
Oleh karena itu Pemerintah telah menetapkan sejumlah wilayah Pulau Moyo sebagai kawasan Taman Wisata Alam Laut seluas 6.000 hektar (ha) dan Taman Buru seluas 22.250 ha.

Pulau Moyo memiliki sejuta pesona dengan hamparan pantai berpasir putih, keindahan taman lautnya dan hutan tropis yang didalamnya terdapat sungai-sungai, air terjun dan gua. Daerahnya sangat tenang dan sunyi. Namun, justru kesunyian pulau inilah yang banyak diburu kalangan elite, bahkan menjadi destinasi wisata kelas dunia karna sangat cocok bagi mereka yang ingin menenangkan diri dan jauh dari keramaian. Bila anda salah satunya maka Wisata ke Pulau Moyo merupakan pilihan yang sangat tepat.

Apalagi setelah mendiang Putri Diana mengunjungi pulau ini pada pertengahan Agustus 1993. Selama tiga hari putri terpopuler di Inggris itu tinggal di Pulau Moyo. Nama pulau ini pun kian mendunia. Pulau Moyo memang jadi salah satu tempat favorit Putri Diana, salah satunya ya karena tenang, jauh dari kebisingan dan keramaiannya tersebut.

Dari pengakuan sejumlah warga setempat, sejumlah artis Hollywood, termasuk musisi Mick Jagger, serta mantan kiper nasional Belanda dan mantan kiper Manchester United, Edwin van der Sar, juga pernah berkunjung ke pulau ini.

Untuk menuju ke Pulau Moyo, akses dari Pulau Sumbawa untuk umum bisa menggunakan transportasi laut namun masih terbatas. Para backpacker bisa menggunakan penyeberangan rakyat yang tersedia setiap hari. Kapal rakyat dari Pulau Moyo itu tiba ke Pelabuhan Muara Kali di Sumbawa sekitar pukul 09.00 pagi. Berangkat ke Pulau Moyo lagi pukul 11.30 siang.

Kapal ini memang hanya mengantar warga Pulau Moyo yang ingin berbelanja di pasar Sumbawa. Penumpang umum boleh ikut kapal motor mereka dengan tarif mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 25.000 per orang. Waktu tempuh ke Pulau Moyo dari Pulau Sumbawa sekitar dua jam.

Jika naik kapal rakyat, Anda harus menginap di Pulau Moyo karena kapal baru berlayar lagi ke Sumbawa keesokan harinya. Jika ingin kembali ke Pulau Sumbawa pada hari itu juga, Anda harus menyewa perahu motor nelayan setempat dengan tarif Rp 400.000-Rp 600.000, bergantung tawar-menawar dengan pemilik kapal.

Titik penyeberangan lainnya ke Pulau Moyo adalah Ai Bari yang terletak di Utara Pulau Sumbawa dengan menempuh perjalanan sepanjang 20 km dari Sumbawa Besar. Dari Ai Bari menuju Pulau Moyo, bisa naik speed boat yang lebih mahal tapi lebih cepat, atau kapal ketinting yang lebih murah dan lebih lambat.
Jika ingin menginap di pulau ini disarankan membawa tenda atau sleeping bag. Namun bisa juga dengan menumpang di rumah-rumah penduduk, biayanya tergantung kesepakan dengan mereka.