Obyek Wisata Taka Bonerate

Taka Bonerate Sulawesi Selatan – Obyek Wisata ini sebetulnya merupakan Taman Nasional yang mencakup kawasan atol terbesar ke-tiga di dunia setelah Kwajifein di Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Kepulauan Maladewa. Bayangkan saja, Taka Bonerate memiliki 22 ribu hektar gugusan atol yang terdiri atas pulau-pulau karang serta rataan terumbu karang. Tetapi karena jaraknya yang cukup jauh dan butuh usaha berat mencapainya, Taka Bonerate masih kalah terkenal dibandingkan Wakatobi yang sudah mendunia.
19
Meski begitu, setelah mencapai Taka Bonerate, dijamin rasa lelah karena perjalanan panjang akan langsung sirna. Di sana Anda akan disambut pantai berpasir putih bersih dan hamparan laut biru jernih  serta spot-spot menakjubkan untuk diving.
20
Untuk menuju Taka Bonerate, pertama-tama Anda harus menuju Makassar, ibukota Sulawesi Selatan. Dari sana, Anda akan melanjutkan perjalanan menuju Selayar , tepatnya Kota Benteng. Anda bisa memilih jalur udara dengan mencari penerbangan perintiske H. Aeropala, atau menggunakan jalur darat dari Makassar.

Perjalanan menggunakan pesawat akan menghabiskan waktu sekitar 45 menit. Namun, Anda harus siap merogoh kocek sekitar Rp200 – Rp600 ribu (tergantung maskapai) untuk tiket pesawat. Untuk mengantisipasi kemungkinan penerbangan ditunda atau terlambat, ada baiknya Anda meluangkan satu hari ekstra dalam jadwal kamu sehingga Anda tidak perlu panik kalau hal itu terjadi.

Jika Anda ingin menghemat biaya, maka perjalanan darat yang menghabiskan waktu sekitar 10 jam (termasuk penyeberangn ferry di Tanjung Bira) bisa menjadi pilihan. Tiket bus biasanya adalah Rp100 ribu per orang.

Setelah tiba di Benteng, Anda mempunyai dua opsi rute menuju Taman Nasional Taka Bonerate. Pertama Anda bisa melalui Pulau Tinabo dengan perjalanan darat dan laut yang membutuhkan waktu sekitar 4 jam. Tapi, karena Pulau Tinabo juga memiliki panorama mempesona, tentunya perjalanan Anda akan jauh lebih menyenangkan. Selain melewati Pulau Tinabo, Anda juga bisa melalui jalur lain yaitu Pulau Jinato. Rute ini membutuhkan waktu sedikit lebih lama sekitar 5 jam. Namun, pemandangannya pun tidak kalah menakjubkan.

Taka Bonerate memiliki sekitar 20 tempat diving yang bisa kamu pilih untuk mengagumi ragam biota laut yang unik dan menakjubkan. Bukan hanya diving,  kamu juga bisa snorkeling, memancing, ski air atau sekadar berenang di tepi pantai.

Setelah melakukan berbagai aktivitas air, Anda bisa berbaring santai sambil menikmati pemandangan matahari terbenam yang luar biasa indah. Selain aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan pantai, traveler juga bisa melakukan wisata budaya dengan melihat kehidupan suku Bugis dan Bajoe dari dekat.

Tapi, perlu dicatat, kalau Anda ingin menyelam di Taka Bonerate, Anda harus mengurus perizinan ke balai taman nasional. Anda juga harus menyiapkan beberapa dokumen seperti KTP/SIM atau paspor. Biaya registrasi untuk wisatawan domestik  adalah sekitar Rp2.500. Untuk menyelam dan fotografi kamu juga harus merogoh kocek sekitar Rp60.000. Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan sekitar Rp250.000 untuk sewa peralatan diving.

Penginapan di kawasan Taka Bonerate hanya ada di Pulau Tinabo. Satu-satunya penginapan di sana adalah Tinabo Island Resort, dengan tarif kamar sekitar Rp200 ribu per malam. Namun, tarif itu belum termasuk untuk makan tiga kali sehari.