Obyek Wisata Taman Laut 17 Pulau Riung

Taman Laut 17 Pulau Riung Nusa Tenggara Timur – Obyek wisata ini berjarak sekitar 70 Km ke arah utara Kota Bajawa, ibukota Ngada, Pulau Flores Bajawa, Nusa Tenggara Timur. Tempat ini termasuk wilayah kecamatan Riung, Kabupaten Daerah Tingkat II Ngada. Tempat wisata alam Tujuh Belas Pulau Riung ini merupakan gugusan pulau2 kecil dan besar. Total jumlahnya ada 17 Pulau. Pulau-pulau tersebut antara lain : Pulau Wire, Sui, Taor, Tembaga, Tiga (pulau panjang), Bampa, Meja, Rutong, Patta, Halima (pulau nani), Besar, Lainjawa, Kolong, Dua, Ontole (terbesar), Borong, dan Pulau Pau.

2
Kawasan Taman Laut 17 Pulau Riung adalah hutan kering. Hampir di seluruh pesisir pantai ditumbuhi dengan pohon bakau.Fauna yang hidup di taman laut 17 pulau riung ini rata2 adalah fauna yang jarang di temui di perkotaan antara lain : komodo, landak, rusa timor, kuskus, biawak timor, ayam hutan, musang, kera, buaya, elang, bluwok, bangau putih, bangau hitam, burung perkici dada kuning, burung nuri, tekukur, burung wontong atau burung gosong, dan kelelawar. Taman laut 17 pulau riung ini memiliki keindahan yang luar biasa, di taman laut ini wisatawan dapat melihat keindahan bawah laut yang indah di tambah hamparan pasir putih yang sangat terjaga kebersihannya.
2
Di Taman Laut 17 Pulau Riung ini wisatawan dapat melakukan berbagai macam kegiatan diantaranya berenang, berjemur, mengelilingi pulau, snorkeling dan diving juga dapat di lakukan di taman laut ini. tetapi zaman dahulu wisatawan di taman laut ini tidak di perkenankan snorkeling karena dapat merusak terumbu karang di bibir pantai.
Di sore hari wisatawan dapat beranjak menuju pulau kelelawar di sekitaran taman laut ini, di pulau kelelawar tersebut wisatawan dapat melihat puluhan ribu kelelawar berterbangan untuk keluar dari sarang. selain itu bagi wisatawan yang malas berpergian dapat menikmati sunset yang indah di taman laut ini.

Taman Laut 17 Pulau Riung telah memiliki resort yang dapat membuat pengunjung merasa nyaman untuk menginap di pulau ini selain itu disekitaran pulau ini juga telah terdapat tempat makan walaupun masih sangat sedikit dan sangat sederhana. Untuk menuju ke taman laut ini wisatawan dapat menggunakan jalur ini : Denpasar – Bima – Labuan Bajo – Ruteng – Bajawa dengan pesawat merpati Twin Otter atau Cassa (sekitar 1 jam dan 40 menit) setiap hari Minggu hingga Jumat, dilanjutkan dengan perjalanan darat Bajawa – Riung. atau Kupang – Bajawa dengan pesawat Merpati Twin Otter atau Cassa (sekitar 1 jam dan 30 menit) setiap hari, dilanjutkan dengan perjalanan darat ke Riung.