Menu Tutup

Apa Itu Olimpiade Geografi Internasional (iGeo)?

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuuh……
Apa kabar SOBAT WOW semuaaaaa ? semoga sehat semua yaaaa…

SOBAT WOW pada tau gak sih apa itu Olimpiade Geografi Internasional atau iGeo ? Pasti kalau anak IPA banyak yang tau niih……

gambar logo Olimpiade Geografi Internasional

Bagi yang belum tau atau lupa, nih WOWMIN ingetin lagi. Jadi, Olimpiade Geografi Internasional (iGeo) adalah kompetisi tahunan untuk siswa geografi berusia 16 hingga 19 tahun terbaik dari seluruh dunia. Siswa yang dipilih untuk mewakili negara mereka adalah siswa terbaik yang dipilih dari ribuan siswa yang berpartisipasi dengan antusias dalam Olimpiade Geografi Nasional mereka sendiri. Siapa nih masternya geografi dikelas sobat wow ? salam ya dari WOWMIN,

Baca Juga : Indonesia Viral, Siswa-siswi Indonesia Juara Olimpiade Geografi

Lanjut ya…. IGeo terdiri dari tiga bagian : tes tertulis, tes multimedia dan kerja lapangan besar yang memerlukan observasi, yang mengarah ke representasi kartografi dan analisis geografis. Program ini juga mencakup presentasi poster oleh tim, pertukaran budaya, dan waktu bagi siswa untuk mengenal sesama siswa dan menjelajahi kota tuan rumah. Keren kan, selain berprestasi, peserta juga bisa menambah teman dan yang pasti liburan di negeri orang dong… ayo siapa nih yang mau ikutan kompetisi (iGeo) dari SOBAT WOW, yang semangat ya belajarnya…..

Tujuan Olimpiade ini adalah untuk :

  1. Merangsang minat aktif dalam studi geografis dan lingkungan di kalangan kaum muda;
  2. Berkontribusi secara positif pada perdebatan tentang pentingnya geografi sebagai mata pelajaran sekolah menengah atas dengan menarik perhatian pada kualitas pengetahuan geografis, keterampilan dan minat di kalangan anak muda;
  3. Memfasilitasi kontak sosial antara kaum muda dari berbagai negara dan dalam melakukannya, berkontribusi pada pemahaman antar negara.
source : google ( gambar peta dunia)

Olimpiade Geografi Internasional ini diselenggarakan di bawah naungan UNI GEOGRAFIS INTERNASIONAL (IGU), melalui Gugus Tugas Olimpiade IGU. Anggota saat ini dari Gugus Tugas, dalam urutan abjad, adalah:
• Ketua bersama Ny. Susan Lomas OBE, DL (Inggris Raya)
• Ketua bersama Dr Su-Min Shen (Taiwan)
• Anggota komite pengarah Dr. Alexey Naumov (Rusia)
• Anggota komite pengarah Mr. Tomasz Sawicki (Polandia)
• Anggota komite pengarah Dr. Dubravka Spevec (Kroasia)
• Anggota komite pengarah Mrs. Li Ling Tan (Singapura)
• Penyelenggara lokal saat ini Dr. Alice S.Y. Chow (Hong Kong, 2019)
• Penyelenggara lokal sebelumnya, Profesor Lynn Moorman (Kanada, 2018)
• Penyelenggara lokal tahun depan Prof. Dr. Barbaros Gönençgil (Turki, 2020)

Baca Juga : Indonesia Viral, Siswa-siswi Indonesia Juara Olimpiade Geografi

Selama Kongres IGU 1994 di Praha, ahli geografi dari Polandia dan Belanda meluncurkan gagasan Kompetisi Geografi Internasional (iGeo) atau Olimpiade untuk siswa berusia antara 15 dan 19 tahun.

IGeo pertama diadakan tahun 1996 di Den Haag, Belanda, dengan lima negara peserta, yang kedua tahun 1998 di Lisbon, Portugal, dan yang ketiga pada tahun 2000 di Seoul, Korea Selatan, dengan 13 tim berpartisipasi. Kongres IGU 2002 di Afrika Selatan menjadi tuan rumah iGeo keempat di Durban, dengan 12 tim berpartisipasi.

Enam belas negara ambil bagian dalam iGeo kelima pada 2004 di Gdansk, Polandia. Keenam adalah di Brisbane, Australia, pada 2006 dengan 23 tim berpartisipasi. Pada 2008 di Carthage, Tunisia, 24 tim berpartisipasi dalam iGeo ketujuh. IGeo 2010 berada di Taipei dengan 27 tim. Pada Olimpiade kesembilan 2012 di Cologne, Jerman, ada 32 tim.

Hingga 2012, Olimpiade diadakan setiap dua tahun. Pada tahun-tahun berikutnya beberapa Olimpiade regional diadakan. Ini termasuk Olimpiade Geografi Regional Eropa Tengah, dan Olimpiade Geografi Regional Asia Pasifik yang diadakan pada tahun 2007, 2009 dan 2011.

IGU memutuskan untuk mengadakan Konferensi Regional setiap tahun antara Kongres 2012 di Cologne dan Kongres 2016 di Beijing. Pada 2013, 32 tim menyelesaikan dalam 10 Olimpiade Geografi Internasional di Kyoto, Jepang. Olimpiade kesebelas diadakan pada 2014 di Kraków, Polandia dengan 36 tim. Olympiad 2015 yang kedua belas ditawarkan di Tver, dekat Moskow di Rusia. Olimpiade 2016 yang ketigabelas diselenggarakan di Beijing, Cina dengan 45 tim dan Olimpiade 2017 diadakan di Beograd, Serbia dengan 41 tim. Pada 2018, iGeo diadakan di Quebec, Kanada.

Baca Juga : Indonesia Viral, Siswa-siswi Indonesia Juara Olimpiade Geografi

Demikian informasi dari WOWMIN mengenai Olimpiade Geografi Internasional. Semoga bermanfaat ya buat sobat wow semua.
Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *