Pantai Balekambang (Pantai Indah Tersembunyi Di Malang)

Pantai Balekambang, Sebuah pura Hindu anggun berdiri pada suatu batu raksasa yang menghadap ke samudera luas serta pasir putihnya merangkul gelombang yang datang ke pantai. Panorama yang cantik ini bukan hanya di Tanah Lot, Bali, tetapi panorama spektakuler Pantai Balekambang di samping selatan Kabupaten Malang. Pantai indah yang tersembunyi ini melengkapi jejeran maksud wisata memukau di Jawa Timur tak hanya Gunung Bromo serta Kota Batu. Pantai Balekambang tepatnya ada di Desa Srigoco, Kecamatan Bantur, sekira 70 km. arah selatan Kota Malang.

Pantai Balekambang

arah pantai balekambang (2) arah pantai balekambang

Pantai Balekambang ditandai dengan tiga pulau batu yang dinamai sesuai sama ciri-ciri pewayangan, yakni : Pulau Anoman, Pulau Wisanggeni, serta Pulau Ismoyo. Pulau Wisanggeni terhubung ke pantai serta Pulau Ismoyo oleh jembatan beton selama 100 mtr.. Di Pulau Ismoyo berdiri dengan anggunnya Pura Amerta Jati atau juga di kenal untuk Pura Ismoyo. Pura ini mempunyai karakteristik yang tidak sama dari pura-pura Hindu di Bali tetapi mempunyai panorama candi di pulau batu tersebut jembatan penghubungnya yang menantang laut biru yang luas tidak kalah cantik. Kecantikan serta pesonanya makin spektakuler waktu Matahari tenggelam dibalik cakrawala ; menyuguhkan siluet pura berlatar langit senja berwarna kuning keemasan.

Pura di Balekambang pantai balekambang dari surabaya

Pura Amerta Jati atau Pura Ismoyo ini di bangun th. 1985 oleh Bupati Malang, Edi Slamet. Didesain ikuti Pura Tanah Lot yang populer di Bali, pura ini dapat adalah tempat suci untuk pengikut Hindu, tempat dikerjakannya ritual keagamaan. Satu diantara ritualnya Lakoni Dhipuja yang  dikerjakan tiga hari sebelum saat ritual Nyepi, untuk sisi dari rangkaian merayakan Saka atau Hindu Th. Baru. Puncak utama dari ritual Lakoni Dhipuja yaitu Jolen Larung, yakni melarung persembahan ke laut untuk lambang rasa sukur pada Tuhan untuk seluruhnya berkat-Nya serta untuk mengusir kemalangan di saat yang akan tiba.

pantai balekambang di malang jawa timur pantai balekambang jatim

Walau lokasinya terpencil, Pantai Balekambang mempunyai seluruhnya sarana yang dibutuhkan wisatawan. Dimulai dari warung makanan, restoran, penjaga pantai, toko suvenir, toilet umum, sampai penginapan simpel.

Lantaran lokasinya terpencil, yaitu di pantai selatan di Kabupaten Malang maka langkah paling baik untuk hingga di Pantai Balekambang yaitu dengan menyewa mobil dari Malang atau Surabaya. Perjalanan dari Surabaya ke Malang bakal mengonsumsi saat sekira 2 sampai 3 jam bergantung pada keadaan jalan raya. Dari pusat kota Malang, diperlukan saat sekira 2 sampai 3 lagi sebelum saat Anda hingga ke Pantai Balekambang.

pantai balekambang malang selatan pantai balekambang map

Ada dua rute alternatif untuk meraih Pantai Balekambang. Pertama yaitu dengan mengambil rute Malang-Kepanjen yang bakal melewati Gondanglegi, Pagelaran, Bantur, Sri Gonco Desa, hingga Anda meraih Pantai Balekambang. Ke-2 yaitu rute Malang-Bululawang melalui Gadang serta Kendalpayak hingga Anda meraih Gondanglegi. Dari Gondanglegi jalur yang dilewati sama juga dengan jalur pertama.

pantai balekambangakomodasi pantai balekambang

Penunjuk arah dimulai dari Kota Malang serta di seluruhnya persimpangan utama di selama jalan telah ada serta terang hingga Anda tak perlu cemas tersesat. Butuh diingat bahwasanya waktu mendekati lokasi (dari Desa Srigonco ke Pantai Balekambang), jalur perjalanan sedikit bergelombang serta ruas jalan juga sempit. Ada juga sebagian tikungan tajam serta berliku. Panorama di kiri-kanan jalan didominasi pohon jati sampai Anda meraih pintu masuk ke pantai.