Pantai Batu Gong di Kendari

Pantai Batu Gong Sulawesi Tenggara – terletak di Kendari, Sulawesi Tenggara obyek wisata ini menjadi favorit bagi masyarakat setempat untuk mendapatkan lokasi rekreasi yang murah meriah. Karenanya, tak aneh jika pada musim liburan panjang, pantai ini selalu ramai  dikunjungi wisatawan domestik. Sedangkan pada hari libur biasa, pantai ini telah menjadi buruan utama masyarakat kota Kendari untuk ajang rekreasi keluarga.

10

Mengapa disebut  Pantai Batu Gong? hal ini dikarenakan saat memasuki kawasan ini , pengunjung akan mendengarkan bunyi sayup sebuh gong yang dipukul. Konon bunyi itu berasal dari gugusan karang yang terlihat di sebelah selatan pantai Batugong. Namun ada juga  sebagian yang meyakini jika suara gong itu sendiri sebenarnya bukan dihasilkan dari sebuah gong yang dipukul orang, melainkan dari hempasan deburan ombak yang kuat  ke dinding sebuah tebing di pantai. Hempasan deburan ombak itulah yang kemudian menghasilkan suara yang mirip gong. Itu sebabnya masyarakat sekitar sering menyebut pantai yang terletak di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, berjarak sekitar 17 kilometer sebelah utara Kota Kendari ini dengan sebutan Pantai Batu Gong atau Pantai Teluk Gong.

9

Jauhnya letak pantai ini dari pemukiman warga dan membuat suasana pantai ini terasa lebih sunyi dan sepi sekaligus alami. Pantai Batu Gong ini memberikan pemandangan Laut Banda yang biru dan luas serta gugusan pegunungan Nipanipa berdiri tinggi dengan gagah padasisi lainnya. Akses menuju pantai yang terletak di Desa Lalonggaluku Kecamatan Sampara ini memang relatif mudah  karena banyaknya sarana transportasi darat yang bisa digunakan masyarakat kotaKendari. Bila Anda menggunakan kendaraan pribadi perjalanan yang dapat ditempuh untuk sampai ke pantai ini membutuhkan waktu 40-50 menit dengan kecepatan rata-rata 70-80 kilometer per jam , sedangkan jika menggunakan kendaraan sewaan, harganya bisa
mencapai Rp. 60.000.

Akses menuju Wisata Pantai Batu Gong :
– Dari Sumbawa : Naik Bus kecil yang menuju ke Lombok / Taliwang
– Dari Lombok / Mataram : Naik Bus Jurusan Mataram – Sumbawa