Pantai Batu Hiu di Jawa Barat

Pantai Batu Hiu Jawa Barat – Jika Anda pernah berwisata ke Pangandaran, sungguh sayang jika sampai melewatkan tempat wisata menarik yang satu ini yaitu Pantai Batu Hiu. Merupakan sebuah pantai dengan tebing yang terjal dan memiliki pemandangan lepaspantai ke arah  birunya lautan hindia. Lokasi Pantai Batu hiu berjarak sekitar 14 km dari Pangandaran.
20
Pantai Batu Hiu Pangandaran ini disebut-sebut sebagai pantai indah dan bersejarah di Pangandaran, jika bicara tentang Sejarah Pantai Batu Hiu seperti yang dikutip dari Pangandaranbeach.com, menurut cerita masyarakat setempat nama Batu Hiu ini merupakan peninggalan cerita rakyat Sembah Genter Oder, Sembah Galuh Oder, dan Sembah Galunggung Kuning. Di Pantai Batu Hiu yang teletak di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Pangandaran – Jawa Barat ini terdapat batu besar berwarna hitam menyerupai ikan hiu yang sedang berenang pada saat laut pasang. Berawal dari pertanyaan Sembah Galuh Oder atas hasil tangkapannya kepada Galunggung Kuning. Kulit ikan yang keras tanpa sisil dan berwarna kehitaman secara mendadak berubah menjadi batu saat Galunggung Kuning menjawab “Ikan Hiu”. Namun, jika dilihat dari segi ilmiah, pembentukan batu hingga membentuk seperti moncong ikan hiu ini diakibatkan bukit karang yang sering tergerus ombak.

19

Memang menyenangkan berkunjung ke Objek Wisata Pantai Batu Hiu Pangandaran ini, kita bisa melihat keindahan pantai serta mengenal legenda dari Batu Hiu tersebut. Namun, tak hanya itu keunikan lain yang bisa kita temui di Pantai Batu Hiu Pangandaran yaitu terdapatnya banyak pohon yang tidak dikenal jenis dan namanya, pohon tersebut memiliki akar besar seperti pohon bakau serta daun seperti daun palem.

Satu hal lagi, jika anda hobi memancing, Pantai Batu Hiu Pangandaran ini merupakan salah satu tempat yang cocok untuk menyalurkan hobi memancing Anda. Nah, Untuk mencapai Batu Hiu Anda bisa berangkat dari Pangandaran, menempuh jarak sekitar 14 km menuju arah Barat (ikuti arah Cijulang). Pantai Batu Hiu teletak di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Pangandaran – Jawa Barat.