Pantai Bunga Batu Bara (Wisata Murah Di Sumatera Utara)

Pantai Bunga Batu Bara, Sekitar satu jam dari Kota Tanjung Balai, Sumatera Utara ada suatu obyek wisata yang cukup disukai orang-orang sekitar. Pantai Bunga Batu Bara namanya. Pantai ini terdapat di lokasi pesisir timur Sumatera Utara serta ada di daerah Kabupaten Batubara. Pantai Bunga Batu Bara mempunyai tanah berpasir yang benar-benar putih. Walau demikian, pantai ini benar-benar kecil serta minim wahana-wahana wisata. Tempatnya juga jadi kurang terawat walau relatif bersih di banding pantai populer lain. Panjang lokasi wisata cuma sekitar 100-200 meter saja.

Pantai Bunga Batu Bara

pantai bunga batu bara (1) pantai bunga batu bara (2)

Di seputar Pantai Bunga Batu Bara sesungguhnya ada tempat wisata pantai-pantai lain loh seperti Pantai Sejarah serta Pantai Datuk, namun yang saya serta keluarga kunjungi saat itu yaitu Pantai Bunga ini. Masuk pantai ini dari jalan raya luar juga cukup jauh, belasan kilometer. Di jalan ini kita disajikan panorama pohon-pohon sawit serta daerah perkebunan. Jalannya juga cukup bagus serta lancar.

Masuk ke daerah Pantai Bunga Batu Bara kita diharuskan membayar ticket masuk. Pantai ini suka dikunjungi orang lantaran tempatnya lumayan serta tiketnya paling murah tuturnya, cuma Rp10.000,- per orang saja.

pantai bunga batu bara (3) pantai bunga batu bara (4)

Pantai Bunga Batu Bara, Di dekat pusat wisata Pantai Bunga Batu Bara ada jalan panjang yang berpasir putih. Kita dapat berjalan-jalan di sini sembari nikmati panorama. Saya tidak paham persis kemana ujung jalan bakal membawa kita, barangkali ke pantai samping. Oh, ya pasir putih di Pantai Bunga Batu Bara ini telah sedikit loh sesungguhnya. Konon tuturnya sebagian puluh th. lalu pasirnya di jual ke Singapura untuk digunakan disana.

pantai bunga batu bara (6) pantai bunga batu bara (7)

Pantai Bunga Batu Bara ini tak pas untuk berenang. Dapat sih, namun saya anjurkan tak. Argumennya lantaran air pantai condong coklat serta pantai benar-benar berpasir hingga terlihat kotor. Pantai ini pas untuk duduk bersantai sembari nikmati hembusan angin laut serta keindahan pasir putih. Di tepi pantai ada banyak (apakah itu namanya) panggung tempat duduk yang dapat disewa. Harga sewanya tergantung nego dengan pemiliki panggung. Sembari berduduk enjoy berbarengan keluarga, kita dapat pesan makanan seperti ikan bakar, kerang, serta makanan laut yang lain.

pantai bunga batu bara (12) pantai bunga batu bara (13)

Bila mau berputar ke laut, kita dapat menyewa satu diantara sampan serta pengemudinya pasti. Seperti sampan biasanya, sampan ini digerakkan dengan mesin tunggal serta dayuh. Ombak lautnya cukup kencang jadi barangkali agak seram naiknya. Kita dapat menentukan satu dari dua paket perjalanan, dekat serta jauh.

pantai bunga batu bara (14) pantai bunga batu bara (18)

Paket perjalanan jauh bakal membawa kita hingga ke tengah laut dekat mercusuar serta barangkali dapat lihat pantai lain. Lantaran saat itu telah sore, saya serta keluarga menentukan paket yang dekat saja, cuma memutar daerah Pantai Bunga Batu Bara serta seputar. Berapakah cost menyewa sampan ini saya lupa.