Pantai Dalegan (Pantai Pasir Putih Di Gresik)

Pantai Delegan, Pantai ini terdapat di desa Delegan Kecamatan Panceng dari Gresik kota berjarak seputar 40 km, sesudah dari Sidayu serta melalui rimba jati Panceng ada papan penunjuk arah tunjukkan wisata Pantai Dalegan, dari jalan arteri masuk ke utara seputar 1 km telah tiba di lokasi.

Pantai Delegan

pantai dalegan Gresik

Lokasi Pantai Delegan ada di ujung Jalan Delagan yang panjangnya juga seputar 2,3 km ini. Pantai Delegan benar-benar pas untuk wisata pantai, lomba perahu atau memancing. Pantai berpasir putih ini tiap-tiap bln. Agustus diselenggarakan atraksi wisata berbentuk perlombaan yang berkenaan dengan wisata bahari.

pantai dalegan panceng

Pantai Delegan benar-benar pas untuk wisata pantai, lomba perahu atau memancing. Pantai berpasir putih ini tiap-tiap bln. Agustus diselenggarakan atraksi wisata berbentuk perlombaan yang berkenaan dengan wisata bahari.

Pantai Delegan di buka untuk umum dari tahun 2003. Pada mulanya pantai ini belum sempat dikelola, cuma untuk tempat bermain anak-anak. Tetapi makin lama pengunjung makin banyak hingga untuk kenyamanan serta keamanan pengunjung lalu dikelola oleh desa.

pantai delegan gresik wikimapia

Pantai Delegan mempunyai luas 2.5 hektar serta pasirnya berwarna putih. Ombak yang ada di sini cukup stabil. Hingga banyak pengunjung yang benar-benar nikmati pantai ini serta tak sedikit di antara mereka yang berenang dipantai.

Untuk menuju ke pantai ini, kelihatannya sedikit susah bila memakai kendaraan umum. Jaraknya memanglah cuup jauh dari pusat kota Gresik, tepatnya di Desa Delegan, Kecamatan Panceng seputar 40 km. dari pusat kota. Perjalanan menuju ke pantai ini melalui rimba jati. Selebihnya, perjalanan cukup gampang lantaran ada plang penunjuk jalan menuju pantai ini.

pantai delegan Gresik

Untuk sarana, walau disebut minim, namun inilah sebagai daya tarik sendiri hingga pantai ini tampak alami. Di sini juga ada tempat bermain anak-anak, tempat basuh, serta makanan. Untuk dapat nikmati pemandangan pantai Delegan, pengunjung cukup membayar ticket seharga Rp. 3500 untuk dewasa serta Rp. 2500 untuk anak-anak. Cukup murah bukan hanya.

pantai-delegan jawa timu

Gresik barangkali memanglah bukan hanya kota wisata. Obyek wisata yang ada di Kabupaten Gresik dapat dihitung dengan jari. Itupun tetap kalah tenar dengan kota Malang atau Batu yang sering jadi rujukan berlibur orang-orang Jawa Timur, tidak kecuali juga orang-orang Gresik.

pantai delegan panceng gresik

Tak mengherankan, lantaran Gresik yang mempunyai julukan kota Santri (Lokasi Industri) memanglah mempunyai banyak pabrik. Baik pabrik BUMN, swasta, maupun perusahaan asing. Juga dapat disebut nyaris tiap-tiap jengkal Kabupaten Gresik dapat ditemukan suatu pabrik. Tidak heran bila Gresik suhunya panas, telah di pesisir banyak pabrik juga.

pantai pasir putih dalegan gresik

Masuk ke pantai ini tak gratis, tetapi juga murah kok. Untuk dewasa, kita cuma butuh bayar sebesar 3500 rupiah. Sedang untuk anak-anak, tiketnya sebesar 2500 rupiah per kepala. Cukup murah untuk jadikan untuk obyek wisata berbarengan keluarga.

pantai pasir putih dalegan

Terutama untuk warga Gresik yang cukup miskin obyek wisata atau mereka yang tengah lakukan perjalanan usaha ke Gresik serta mau beroleh hiburan. Umumnya orang-orang yang datang kesini semakin banyak nikmati deburan ombak atau berenang.

peta pantai dalegan gresik

Panorama di pantai ini juga cukup bagus dengan pasirnya yang berwarna putih serta ombak yang tidak terlampau besar. Pada akhir minggu umumnya jadi saat yang paling ramai di pantai ini. Tetapi sayangnya, banyak yang kurang melindungi pantai ini dengan baik.