Pantai Dato Majene (Panorama Tropis Yang Mempesona)

Pantai Dato Majene, Liburan ke pantai jadi favorite beberapa orang mengingat juga negeri ini merupakan kepulauan dengan garis pantai terpanjang serta mempunyai panorama tropis memesona. Satu diantara lanskap alam pantai nan memukai bisa Anda dapatkan di Pantai Dato Majene yang berlokasi di Sulawesi Barat.

Pantai Dato Majene

pantai dato majene (16) pantai dato majene (6)

Pantai Dato Majene dengan cara administratif terdapat di Dusun Pangale, Kelurahan Baurung, Kecamatan Banggae Timur, Kabupaten Majene, Propinsi Sulawesi Barat. Pantai serta laut memanglah jadi andalan Kabupaten Majene baik untuk komoditas pariwisata ataupun bidang perekonomian.

Pantai ini mempunyai kekhasan tak hanya mempunyai keindahan pantai tropis juga terbilang tetap alami serta terjaga dengan baik. Oleh karenanya, pantai ini jadi lokasi berwisata keluarga terlebih waktu akhir minggu serta hari libur.

pantai dato majene (10) pantai dato majene (11)

Pantai Dato Majene terdiri 2 sisi, yakni pantai berpasir putih halus serta pantai beralaskan karang. Kehadiran kontur pantai yang berkarang serta menjorok ke laut menaikkan pesona Pantai Dato. Ditambah lagi, ada batu karang raksasa yang terhubung dengan tangga hingga pengunjung bisa naik serta nikmati panorama dari atas.

Pantai ini ada sekira 7 km dari Kota Majene serta bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi atau sewaan. Keadaan jalan menuju pantai ini telah baik serta mulus. Panorama rimba kecil serta kebun warga lokal menemani perjalanan sekira 15 menit dari Kota Majene. Sesampainya ditempat parkiran, ada anak tangga batu yang perlu dititi setinggi 30 mtr. sebelum saat hingga di bibir pantai.

pantai dato majene (12) pantai dato majene (13)

Majene terdapat pas di segi barat Pulau Sulawesi. Tak hanya wisata pantai, wisatawan dapat juga nikmati wisata budaya serta kuliner khas suku Mandar, yakni suku asli Sulawesi Barat.

pantai dato majene (14) pantai dato majene (17)

Untuk berburu oleh-oleh khas Majene, terdapat banyak sentra industri kerajinan yang dapat jadi tujuan. Jika mau mencari tenun sutera khas Mandar, Anda dapat menyambangi rumah-rumah di Desa Bonde. Sesaat untuk beli miniatur sandeq, Anda dapat memperolehnya di Kelurahan Barudahduah.

pantai dato majene (1) pantai dato majene (3)

Untuk beli bermacam makanan ringan khas Sulawesi Barat, Anda bisa mencarinya di pasar tradisional Majene. Umumnya makanan ringan terbuat dari olahan pisang. Untuk daerah yang dekat dengan pantai, Majene populer dengan sebagian ikan yang bisa jadikan oleh-oleh. Pergilah ke Tempat Pelelangan Ikan yang dekat dengan pasar tradisional di Majene untuk beli ikan terbang, ikan seribu, ikan cakalang, serta ikan tuna. Belilah ikan yang telah diasap supaya lebih awet untuk dibawa pulang. Ikan ini tahan sepanjang 3 hari.