Pantai Jogan (Pantai Unik Di Pesisir Gunungkidul)

Pantai Jogan, Akhir minggu ini, coba datang ke Pantai Jogan di Gunungkidul, DIY. Mengapa? Lantaran Pantai Jogan merupakan satu diantara pantai yang unik di Indonesia. Disana ada air terjun yang langsung jatuh ke laut. Bukan main…

Pantai Jogan

alamat pantai jogan gunung kidul letak pantai jogan gunung kidul

 

Hingga saat ini pantai terus jadi primadona untuk liburan. Syukurlah Indonesia mempunyai beberapa ribu pantai yang indah nan eksotis. Dari pantai berpasir hitam, putih, cokelat, sampai pink, Indonesia mempunyai itu seluruhnya.

Satu diantara daerah di Indonesia yang mempunyai koleksi gugusan pantai yang mengangumkan yaitu Gunungkidul, DI Yogyakarta. Gugusan pantai indah berjajar dari ujung timur ke barat. Satu diantara salah satunya yaitu Pantai Jogan.

letak pantai jogan lokasi pantai jogan gunung kidul

Suatu titik pertemuan pada sungai serta Laut Selatan, muara Pantai Jogan inilah sebagai daya tarik utama yang mengagumkan. Ya, muara dari Pantai Jogan ini berupa suatu air terjun yang eksotis yang menghadap segera ke arah Samudera Hindia.

Pantai Jogan belum terlampau banyak di ketahui oleh wisatawan. Oleh karenanya, pantai ini tetap terbilang bersih. Meskipun bibir pantainya benar-benar kecil, tidak membuatnya kehilangan pesona.

pantai jogan gunung kidul jogja pantai jogan ombo (2)

 

Untuk meraih bibir Pantai Jogan, pengunjung mesti menuruni batuan karang yang sedikit licin serta tajam. Janganlah cemas, lantaran ada pegangan dari kayu yang cukup menolong beberapa pengunjung untuk menuruni karang.

Sesampainya di bibir pantai, Anda bakal temukan beberapa masyarakat asli Pantai Jogan, yakni beberapa kumpulan kepiting kecil berwarna transparan. Gunungkidul sendiri adalah lokasi pegunungan kapur (karst) yang tandus.

Penampakan air terjun Pantai Jogan inipun bergantung oleh debit air sungai itu sendiri. Sayang sekali, pada waktu berkunjung ke Pantai Jogan, debit air sungai amat sedikit hingga saya cuma menjumpai suatu air terjun kecil serupa gorden putih yang tengah tersibak angin.

pantai jogan ombo (4) pantai jogan purwodadi tepus gunung kidul

Oleh karenanya, saat yang pas untuk melihat kegagahan air terjun Pantai Jogan yaitu pada waktu musim penghujan. Pantai Jogan sendiri terdapat pas di samping Pantai Siung yang populer dengan jalur panjat tebingnya.

Tak susah untuk menuju pantai ini. Akses jalan benar-benar bagus, saya sendiri ke sini memakai mobil. Cost masuk Pantai Jogan serta Siung hanya Rp 3.000 saja.

100 mtr. dari pos penjagaan, jalur masuk ke Pantai Jogan beralih jadi suatu jalan kecil yang cuma beralaskan semen serta cuma berisi satu buah mobil kendaraan saja. Jadi, baiknya Anda berdoa dulu supaya di dalam jalan setapak tadi Anda tak berpapasan dengan mobil lain.

pantai jogan tepus pantai jogan wonosari gunung kidul

Fenomena alam yang mengagumkan seperti ini amatlah unik serta langka. Gemericik air terjun beradu dengan deburan ombak pantai selatan yang menggema, seakan-akan tengah bekerja bersama untuk memperoleh perhatian dari beberapa pengunjungnya.

Pemandangan Pantai Jogan memanglah mengagetkan. Ini yaitu satu diantara surprise dari Yang Maha Kuasa yang perlu kita jaga kelestariannya. Indahnya Indonesia!