Pantai Kegemaran Peselancar Pantai Cimaja

Pantai Cimaja terletak hanya beberapa kilometer dari obyek wisata Pelabuhan Ratu, Sukabumi, sebelah selatan Jawa Barat. Jika berangkat dari Jakarta, perjalanan ke Cimaja memakan waktu sekitar lima jam, dengan jarak tempuh kurang lebih 120 km. Meski memakan waktu lama, perjalanan ke Cimaja tidaklah membosankan karena jalur yang berkelok- kelok dengan pemandangan menawan di sisi jalan akan membuat waktu cepat berlalu.
17
Berbeda dengan pantai-pantai di sekitar Pelabuhan Ratu yang ramai, Pantai Cimaja cenderung lebih sepi dan bersih. Kebanyakan pengunjung bukanlah para keluarga atau muda-mudi yang hendak rekreasi, melainkan para pegiat olahraga selancar air. Pun demikian, seiring meningkatnya popularitas, kini kian banyak orang-orang yang berdatangan.
18
Pengunjung umumnya dalah para peselancar asing yang mulanya gencar mempromosikan kawasan pantai Cimaja. Berkat forum-forum dunia maya dan media sosial, nama Cimaja muncul sebagai salah satu titik selancar paling memikat yang ada di pulau Jawa. Ombak-ombaknya besar, terutama pada rentang musim panas, yaitu bulan Mei hingga Oktober. Karakter ombak dan pantai Cimaja pun dinilai cukup menantang bagi peselancar profesional, namun juga cocok bagi orang yang hendak belajar. Dede Suryana, peselancar kawakan Indonesia, adalah anak asli Cimaja.

Terlepas dari kegiatan selancar, kawasan di sekitar Pantai Cimaja juga menyediakan berbagai objek wisata lain yang tak kalah menarik. Sebut saja, mata air panas di daerah Cisolok, air terjun Cicurug, kuil Dewi Kwan Im di Pantai Cipatuguran, hingga Gua Lalai yang menjadi rumah jutaan kelelawar. Jika menggunakan kendaraan pribadi, semua objek wisata tersebut dapat dicapai dengan mudah karena jaraknya berdekatan.

Banyaknya objek wisata menarik di kawasan Pantai Cimaja membuatnya semakin ramai dikunjungi turis. Makadari itu, jika Anda tertarik ke sana, sebaiknya menghindari akhir pekan. Tidak adanya jalur alternatif menuju Cimaja menyebabkan jalanan kerap diwarnai kemacetan. Selain itu, ketersediaan akomodasi juga menjadi pertimbangan.