Pantai Menganti Kebumen (Mitos Tentang Pantai Menganti)

Kebumen yang terdapat di lokasi Jawa Tengah sisi selatan mempunyai sebagian pantai yang telah cukup populer. Pantai Karangbolong, Pantai Petanahan, Pantai Suwuk, serta Pantai Bapak. Tetapi belum banyak yang tahu ada suatu pantai yang benar-benar indah. Pantai Menganti. Tersebut histori pemberian nama. Kenapa dimaksud Pantai Menganti?

Pantai Menganti Kebumen

akses pantai menganti (2) arah pantai menganti

Sejarah Pantai Manganti Seseorang panglima perang Kerajaan Majapahit melarikan diri ke pesisir selatan Jawadwipa lantaran hubungan dengan idola hati tak disetujui sang raja. Mereka berjanji bersua di pinggir samudra berpasir nan indah. Selama hari, sang panglima juga selalu menunggu idola hati yang nyatanya tidak kunjung tiba diatas bukit kapur sembari melihat laut terlepas. Ia menunggu serta selalu menunggu.
Penggalan mitos itu melukiskan asal nama pantai tersembunyi di pesisir selatan kabupaten Kebumen.

cerita pantai menganti jalur-pantai-menganti-kebumen
Kebumen yang berbatasan segera dengan Samudera Hindia dibagian selatan memanglah jadi satu diantara surganya object wisata pantai.
Sebagian object yang telah populer, seperti Pantai Logending, Karangbolong, Petanahan serta Suwuk. Tetapi, tak seperti pantai lain yang pasirnya hitam. Pantai Menganti mempunyai hamparan pasir putih yang memikat.

pantai menganti jawa tengah pantai-menganti-kebumen-jawa-tengah
Pantai Menganti ada di desa Karangduwur, Kecamatan Bapak, Kabupaten Kebumen. Pantai ini dibatasi perbukitan batu gamping serta batu klastika gunung api. Hamparan pasir putih hasil abrasi batu gamping serta keindahan pohon kelapa di tepi pantai membuat nuansa serta pesona nan indah.
Di pantai ini, anda dapat juga melebur dengan sehari-harinya beberapa nelayan setempat yang bersahaja. Mereka umum duduk di perahu sesudah semalaman melaut. Pengalaman beli ikan fresh segera ditempat pelelangan ikan juga bisa di kerjakan disini.

pantai menganti kebumen part 1 pantai menganti peta
Panorama lebih eksotis bila anda menaiki bukit di segi timur pantai. Di puncak bukit ada mercusuar buatan Belandatahun (1912-1915
) setinggi 20 mtr. yang dapat dinaiki sampai puncaknya. Dari lokasi ini, Anda dapat lihat semua kawasa pantai, lekuk-lekuk bukit karang membentang, sampai birunya samudera.

peta pantai menganti dari purwokerto rute menuju pantai menganti dari purwokerto
Pantai Menganti di buka untuk umum oleh pemerintah desa setempat pada awal 2011. Pada mulanya lokasi ini cuma jadi tempat pendaratan perahu nelayan.
Tetapi lantaran belum disiapkan jadi object wisata komersil, keadaan infrastruktur belum cukup menuju pantai ini.

Bagaimana caranya menuju ke sana?
Bila anda dari arah Jakarta anda dapat naik kereta. Turun di stasiun kereta GOMBONG