Pantai Ngobaran (Pantai Eksotik Di Jogja)

Datang ke Pantai Ngrenehan serta nikmati ikan bakarnya belum komplit bila tidak singgah di pantai sampingnya, Ngobaran. Letak pantai yang bertebing tinggi ini cuma lebih kurang dua KM. dari Pantai Ngrenehan. Tidak jauh bukan? Masyarakat Pantai Ngrenehan saja kerap mengulas serta singgah ke Pantai Ngobaran, kenapa anda tak?

Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran (1) Pantai Ngobaran (3)

Pantai Ngobaran adalah pantai yang cukup eksotik. Bila air surut, anda dapat lihat hamparan alga (rumput laut) baik yang berwarna hijau ataupun coklat. Bila dipandang dari atas, hamparan alga yang tumbuh di sela-sela karang terlihat seperti sawah di lokasi padat masyarakat. Beberapa puluh type binatang laut juga ada di sela-sela karang, dimulai dari landak laut, bintang laut, sampai kelompok kerang-kerangan.

Pantai Ngobaran (4) pantai ngobaran dari solo

Namun yang tidak ada di pantai selain Pantai Ngobaran yaitu pesona budayanya, dimulai dari bangunan sampai makanan masyarakat setempat. Satu salah satunya yang menarik yaitu ada tempat beribadah untuk empat agama atau keyakinan berdiri berdekatan. Apakah itu wujud multikulturalisme? Siapa tahu.

Bangunan yang paling terang tampak yaitu tempat beribadah sejenis pura dengan patung-patung dewa berwarna putih. Tempat peribadatan itu didirikan th. 2003 untuk memperingati hadirnya Brawijaya V, satu diantara keturunan raja Majapahit, di Ngobaran. Orang yang melaksanakan ibadah ditempat ini yaitu penganut keyakinan Kejawan (bukan hanya Kejawen lho). Nama ” Kejawan ” menurut narasi datang dari nama satu diantara putra Brawijaya V, yakni Bondhan Kejawan. Pembangun tempat peribadatan ini mengakui untuk keturunan Brawijaya V serta menunjuk satu diantara warga untuk melindungi tempat ini.

pantai ngobaran desa kanigoro saptosari gunungkidul pantai ngobaran gunung kidul

Jalan ke arah kiri dari tempat peribadatan itu, Anda bakal menjumpai suatu Joglo yang dipakai untuk tempat peribadatan pengikut Kejawen. Waktu YogYES bertandang ke tempat ini, sebagian pengikut Kejawen tengah lakukan sembahyangan. Menurut masyarakat setempat, keyakinan Kejawen tidak sama dengan Kejawan. Tetapi mereka sendiri tidak demikian dapat menuturkan perbedaannya.

pantai ngobaran map pantai ngobaran wonosari yogyakarta

Apabila selalu menyusuri jalan setapak yang ada di depan Joglo, anda bakal temukan suatu kotak batu yang ditumbuhi tanaman kering. Tanaman itu dipagari dengan kayu berwarna abu-abu. Titik di mana ranting kering ini tumbuh konon adalah tempat Brawijaya V berpura-pura membakar diri. Langkah itu ditempuhnya lantaran Brawijaya V tidak ingin berperang melawan anaknya sendiri, Raden Patah (Raja I Demak).

pantai ngobaran yogya pantai ngobaran.com

Kebenaran narasi perihal Brawijaya V ini saat ini banyak diragukan oleh banyak sejarahwan. Penyebab, bila memanglah Raden Patah menyerang Brawijaya V maka bakal berikan kesan seakan-akan Islam disebarkan lewat cara kekerasan. Banyak sejarahwan berasumsi bahwasanya bukti histori yang ada tidak cukup kuat untuk menyebutkan bahwasanya Raden Patah lakukan penyerangan. Sedetailnya bagaimana, barangkali Anda dapat mencari sendiri.