Pantai Ngrenehan (Surga Para Pemancing)

Bila di antara sahabat memiliki hoby mancing, maka tempat yang satu ini jangan sempat terlewati. Pantai Ngrenehan namanya, terdapat bersebelahan dengan pantai ngobaran, pantai ini benar-benar pas untuk menyalurkan hoby untuk beberapa ” mancing mania “. Tempat yang paling disukai oleh beberapa mancing mania terdapat di bukit mbiting. Untuk meraih tempat itu sahabat mesti trakking terlebih dulu lebih kurang 1/2 jam. Di bukit mbiting ini pemandangannya sungguh mengagumkan, disamping timur bakal tampak beberapa puluh prahu nelayan yang berjejer rapi di pantai ngrenehan. Sedang disamping barat, deburan ombak yang menghantam karang dipantai ngobaran cukup bikin pikiran fresh kembali.

Pantai Renehan

ngreneh denah pantai ngrenehan

Lokasi Pantai Renehan
Pantai Ngrenehan terdapat di desa kanigoro kecamatan saptosari gunung kidul, seputar 30 km dari kota wonosari. Pantai ini berupa teluk dengan perbukitan karst yang mengapitnya. Di lokasi pantai ngrenehan ini ada tempat pelelangan ikan, jadi sahabat dapat beli ikan fresh untuk jadikan oleh-oleh di sini. Atau bila sahabat mau yang siap saji, maka segera saja pesen di warung-warung yang ada di pinggir jalan.

keindahan pantai ngrenehan kuliner pantai ngrenehan

Spot Mancing Di Pantai Renehan
Tidak terlalu berlebih terasa bila pantai ngrenehan ini jadi spot/tempat mancing di gunung kidul serta jadi surganya beberapa pemancing. Saat malam minggu tiba beberapa puluh pemancing dari beragam daerah senantiasa menyempatkan untuk melemparkan kailnya di sini. Sesungguhnya terdapat banyak spot untuk mancing, satu diantaranya yaitu di batu karang yang letaknya tidak jauh dari bibir pantai. Tetapi untuk menuju batu karang ini, sahabat mesti menanti air surut. Pilihan lainya yaitu di bukit mbiting. Tempat ini kelihatannya jadi favorite untuk beberapa pemancing. Waktu hari libur tiba, maka beberapa puluh pemancing telah berjejer rapi dari sore hari.

alamat pantai ngrenehan gunung kidul lokasi pantai ngrenehan (1)
Untuk menuju tempat ini sahabat jalan kearah barat dari tempat pelelangan ikan. Kemudian sahabat mesti trakking melalui jalan setapak yang cukup terjal. Saat musim hujan, jalan ini benar-benar licin lantaran jalanya dipenuhi batu serta tanah liat. Saat yang diperlukan untuk menuju spot mancing dari tempat pelelangan ikan lebih kurang 1/2 jam.

lokasi pantai ngrenehan (8) lokasi pantai ngrenehan (13)
Umumnya beberapa pemancing memakai ikan kembung, cumi-cumi, serta udang untuk jadikan umpan. Untuk memperoleh umpan itu, sahabat dapat beli ditempat pelelangan ikan di pantai ngrenehan. Di pantai ini ada banyak type ikan predator. Satu diantaranya yang kerap didapati yaitu ikan layur. Ikan ini berupa panjang serta ramping. Ukuran badannya dapat meraih 2 m dengan berat optimal 5 kg serta usia 15 th.. Jadi untuk sahabat yang mempunyai hoby mancing harus untuk datang ke tempat mancing di gunung kidul ini.

pantai-ngrenehan

pantai ngrenehan wikimapia

Usai mancing janganlah segera pulang, mampirlah dahulu di warung-warung di pinggir jalan masuk untuk sebatas melepas capek. Satu diantaranya yaitu warung mbak nur yang menghidangkan anekan minuman. Sahabat dapat juga pesan ikan bakar dari hasil tangkapan nelayan di sini. Datang ke pantai ngrenehan, sayang bila tidak sekalian ke pantai ngobaran yang sarat histori. Lantaran di sana sahabat bakal menjumpai sebagian bangunan peninggalan histori serta pantai dengan hamparan rumput laut.