Pantai Ora yang Menawan

Pantai Ora Maluku – Terletak di Pulau Seram, Maluku Tengah Pantai ini merupakan surga dunia. Tidak perlu pergi jauh-jauh ke negara lain untuk menikmati suasana yang damai dengan panorama alam (khususnya pantai) yang sangat menawan. Pantai Ora memang sungguh menawarkan keindahan alam yang tiada tara, satu lagi bukti untuk wisatawan dunia bahwa indonesia mempunyai pantai yang indah.
15Pantai Ora merupakan salah satu bukti bahwa Indonesia sangat kaya dengan keindahan alamnya jika mau dijaga dengan baik. Bagi para wisatawan, di pantai ini telah disediakan resort-resort yang berdiri di atas pantai dengan air yang sangat jernih. Resort-resort disini berbentuk rumah panggung dengan material kayu sehingga menimbulkan suasana nyaman untuk bersantai menghilangkan penat atau beban pikiran. Tempat ini sangat memanjakan pengunjungnya yang ingin mencari ketenangan pikiran.
16Pemandangan alamnya sungguh tak kalah jika dibandingkan dengan pantai Lanikai Oahu di Hawaii atau Pulau Maladewa. Setidaknya kita tidak harus jauh-jauh pergi ke luar negeri karena ternyata Indonesia pun punya keindahan serupa.

Yang menjadi kewajiban kita sebagai pengunjung  adalah tetap menjaga keindahan alamnya agar tidak pudar oleh karena tangan-tangan jahil yang tidak bertanggungjawab. Di pantai ora ini, tumbuhan karang-karang dan hewan-hewan lautnya masih berjumlah banyak dan masih terawat dengan baik, mungkin karena tempat ini belum terlalu terekspos sehingga belum banyak yang datang dan merusak.

Untuk mengunjungi Pantai Ora pertama – tama Anda harus terlebih dahulu pergi ke Pelabuhan Tulehu dari Bandara Patimura Ambon, Anda dapat menggunakan transportasi umum. Dari sana Anda bisa naik kapal cepat menuju Pelabuhan Amahai (Masohi) dengan biaya Rp150.000,- untuk VIP dan Rp. 92.000,- untuk kelas ekonomi. Waktu yang diperlukan untuk mencapai Pelabuhan Amahai dari Pelabuhan Tulehu sekira 2 jam. Setelah sampai di Pelabuhan Amahai, perjalanan diteruskan naik angkutan umum selama 2 jam menuju Desa Sawai di Kabupaten Maluku Tengah. Terakhir untuk menuju Pantai Ora dari Desa Sawai, Anda harus menyeberang dengan kapal motor selama 10 menit.