Pantai Parangtritis Yogyakarka

 Parangtritis menurut legenda datang dari cerita sebagai berikut. Ada seorang pelarian dari Kerajaan Majapahit bernama Dipokusumo yang melakukan semedi di lokasi ini. Saat sedang bersemedi, ia melihat air yang menetes (tumaritis) dari celah-celah batu karang (parang). Lalu ia memberi nama daerah itu Parangtritis yang bermakna air yang menetes dari batu. Pantai Parangtritis dipercaya adalah perwujudan dari kesatuan trimurti yang terbagi dalam Gunung Merapi, Keraton Jogja, serta Pantai Parangtritis itu sendiri.
Keadaan Pantai
parangtritis
Parangtritis bukan merupakan pantai yang terpisah tetapi merupakan satu kesatuan (paket wisata) dengan Pantai Parangkusumo, Pantai Depok, Dataran Tinggi Gembirowati, Petilasan Parangkusumo, Pemandian Parangwedang, Makam Syeh Maulana Magribi, Makam Syeh Bela Belu, Makam Ki Ageng Selohening, Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Depok, serta Gumuk Pasir (barchan).
Di Parangkusumo ada kolam permandian air panas (belerang) yang dipercaya bisa mengobati beragam penyakit dalam. Kolam ini diketahui serta dipelihara oleh Sultan Hamengku Buwono VII. Ada komplek kerajinan kerang, hotel berskala Internasional (Queen of South), dan penyewaan paralayang, dokar wisata, kuda, serta motor ATV (All-terrain Vechile), juga beberapa penjual jagung bakar serta jajanan-jajanan tradisional yang lain di Parangtritis turut meramaikan pariwisata di lokasi ini. Anda dapat juga sedikit naik ke bukit kecil yang ada di sisi utara Pantai Parangtritis. Sembari nikmati kelapa muda yang banyak dijajakan pedagang
234298Parangtritis (2)
Fasilitas.
1. Hotel : Ada banyak sekali hotel serta penginapan dengan beragam harga, termasuk hotel serta penginapan yang terdapat diatas bukit yang tawarkan panorama pantai yang benar-benar indah.
2. Beragam jenis toko souvenir serta oleh-oleh khas Jogjakarta (Bantul), beberapa toko kelontong, serta warung-warung makan.
3. Wisata kuliner di Pantai Depok yang sediakan ikan serta makanan laut fresh yang lain, langsung dibeli serta dimasak ditempat, dengan pilihan bumbu masakan yang benar-benar lezat. Serta menyewa layanan masak (yang sekalian menyediakan tempat makan lesehan, nasi, sambal, lalapan, serta beragam type minuman termasuk kelapa muda segar) di warung-warung yang berjejer di selama Pantai Depok.
4. Di Pantai Depok juga ada pasar tradisional yang jual beragam jenis jajanan khas pantai, seperti ikan goreng, undur-undur goreng, peyek ikan, dsb, disini juga ada rujak (buah-buahan fresh dengan bumbu manis pedas) dengan harga yang benar-benar terjangkau.
5. tempat parkir yang luas serta penyewaan kamar mandi. Sedang di bibir pantai Anda dapat menyewa dokar (kereta kuda), motor ATV (All-terrain Vechile, sewanya seputar Rp. 50. 000 – 100. 000 per 1/2 jam), kuda, ataupun paralayang yang benar-benar menantang adrenalin.
6. Lokasi photo di lokasi gumuk pasir laksana seperti photo di gurun pasir
7. Nikmati Sunset yang Romantis di Parangtritis sembari nikmati jagung bakar