Obyek Wisata Pantai Swarna

Pantai Sawarna Banten – Merupakan sebuah pantai di Banten Selatan yang menghadap ke Samudera Hindia, sehingga memiliki ombak khas pantai selatan yaitu berombak besar dan berarus kuat, menjadikannya sangat sesuai untuk wisata selancar. Memang wisata selancar belum terlalu familiar di Indonesia, tetapi di luar negeri banyak sekali orang yang menyukai olah raga air ini. Di Pantai Sawarna banyak turis asing yang betah berlama-lama tinggal hanya untuk berselancar dan juga berkunjung ke tempat wisata lain di Desa Sawarna.
19Pantai Sawarna yang memiliki panjang 65 KM, dengan air laut yang jernih, pasir yang putih, berbukit hijau, dihiasi karang, dan tidak terlalu ramai pengunjung adalah pantai yang paling indah di Banten sehingga anda tidak perlu ragu untuk datang berkunjung dan menikmati pesona wisata yang tersembunyi ini. Berlokasi di sebuah desa pesisir selatan, Pantai Sawarna selalu dihubungkan dengan kisah sang penguasa laut selatan, Nyai Roro Kidul.
20Pantai Sawarna yang jauhnya sekitar 150 KM dari kota Rangkasbitung banyak dikunjungi wisatawan yang berasal dari Bandung, Jakarta, dan sekitarnya karena dari kota-kota tersebut jaraknya tidak terlalu jauh. Selain itu jalanan menuju Pantai Sawarna juga sudah lumayan baik, dan terus diperbaiki sehingga bisa saya pastikan dalam waktu beberapa tahun ke depan, tempat wisata di Banten ini akan menjadi salah satu primadona wisata bagi warga Bandung, Jakarta, dan sekitarnya. Waktu perjalanan dari Jakarta menuju Pantai Sawarna adalah sekitar 7 jam dengan jarak tempuh sekitar 270 KM.

Jika Anda akan mengunjungi Pantai Swarna, perjalanan menggunakan kendaraan umum akan lebih baik karena Anda bisa mendapatkan sopir yang sudah biasa melalui jalur-jalur menuju Pantai Sawarna. Jika Anda start dari Jakarta, untuk menuju Serang bisa naik bus sampai Terminal Pakupatan. Tarifnya bisa Rp 20.000 hingga Rp 30.000. Dari sana teruskan naik angkutan mobil Elf yang menuju ke Malimping atau ada juga mobil yang langsung menuju Bayah dengan harga yang kurang lebih sama  namun sangat jarang dan pada waktu tertentu saja. Setelah sampai di Malimping, lanjutkan dengannaik angkot menuju Bayah dan nanti dari Bayah menuju Sawarna anda bisa naik angkot lagi seharga Rp 5.000 dan nantinya masuk menuju Pantai dengan ojek sekitar Rp 15.000 kurang lebih selama 30 menit. Total lama perjalanan dari Jakarta sekitar 5 sampai 7 jam perjalanan kurang lebihnya.