Pantai Takisung Di Banjarmasin

Takisung merupakan nama suatu desa yang ada di Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Tempat wisata yang populer di daerah ini yaitu Pantai Takisung yang ramai dikunjungi warga Kalimantan Selatan terlebih dari daerah Banjarmasin, Banjarbaru, serta Tanah Laut pada saat hari libur.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Satu diantara object wisata di Kalimantan Selatan yaitu Pantai Takisung. Pantai yang menghadap ke Laut Jawa ini terdapat di Kabupaten Tanah Laut. Jarak Pantai Takisung dari Ibu Kota Provinsi Banjarmasin yaitu kira-kira 87 km. Bila dari Banjarbaru jarak tempuh kurang lebih 75-an km, melalui Kec. Cempaka yang populer sebagai penghasil intan. Akses jalan ke dua-dua jalur sudah sangat baik.
jalan mulus

Bila dahulu, saat penulis masih kecil, perlu perjuangan berat untuk hingga ke Pantai Takisung. Jalan belum beraspal, dengan tanah merahnya yang berdebu apabila musim kemarau serta berlumpur apabila musim penghujan.
Bila berangkat dengan mobil terbuka di musim kemarau rambut pasti merah seperti disemir. Inilah debu-debu yang melekat dirambut. Pulangnya lebih kronis lebih. Habis mandi dilaut, ditambah debu, rambut jadi kaku. Saat itu pantainya masih alami dengan pasir yang memanjang di pinggir pantai. Ditambah lagi terlihat menonjol nyiur-nyiur yang melambai. Pantai terasa lapang serta luas.Saat ini pantainya telah banyak berubah. Dipasang siring dijalur sungainya. Ada juga batu-batu cor dan gorong-gorong yang ditancapkan digaris pantai. Harus ekstra hati-hati bila jalan, dikarenakan banyak ujung-ujung besi beton yang mencuat keluar.
OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Dipantai disiapkan cottage yang dapat disewa oleh pengunjung, hanya jumlahnya masih terbatas. Tak terlalu menarik. Barangkali lantaran kurang dikelola dengan baik. Ada juga pasar yang menjual bermacam hasil laut serta olahannya, dan hasil-hasil pertanian penduduk di sekitar pantai. Menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Hiburan yang lain seperti motor ATV, banana boat yang dapat disewa dengan harga tertentu. ada juga payung-payung gazebo maupun tenda-tenda yang dikelola oleh penduduk sekitar. Sayang airnya yang keruh membuat malas untuk menceburkan diri.

Inilah sekelumit tentang Pantai Takisung sebagai pilihan tujuan wisata untuk masyarakat Kalimantan Selatan.