Pantai Tanjung Pasir Favorit Masyarakat Tangerang

Pantai Tanjung Pasir Banten – Berada di pesisir utara Tangerang, persisnya di Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, dengan jarak kurang lebih 25 km dari pusat kota Tangerang. Pantai Tanjung Pasir adalah salah satu tempat wisata favorit bagi warga di kawasan Tangerang dan sekitarnya. Tidak mengherankan karena selain suguhan menarik pantai yang dihiasi pesawat take off dan landing, anda juga bisa menyebrang ke Kepulaun Seribu.
3Kepulauan seribu merupakan bagian dari Jakarta tapi Pulau Untung Jawa paling dekat diakses dari Tanjung Pasir. Dari bibir pantai anda bisa melihat banyak pulau di sebrang sana. Ada yang dihuni manusia dan ada yang dihuni rusa saja dan bahkan ada yang tidak dihuni sama sekali. Untuk membedakannya, lihat saja apakah ada menara BTS atau tidak.
4
Pantai Tanjung Pasir dikelola oleh TNI Angkatan Laut (AL). Makanya tidak aneh jika gerbang masuk ke Tanjung Pasir terdapat tulisan Posal TNI AL. Biaya masuk tidak terlihat ditulis di pintu masuk. Pengalaman saya, satu mobil dengan 3 dewasa dan 2 anak balita, cukup membayar Rp 25.000,- saja.

Tanjung Pasir sebagai obyek  wisata favorit di Tangerang setidaknya di musim liburan, memiliki fasilitas antara lain:

Areal parkir luas
Warung makan dengan menu hidangan laut (sea food)
Mushola tepat di bibir pantai
Toilet/kamar mandi bilas
Kapal motor menyebrang ke Kepulauan Seribu.

Rute Menuju Tanjung Pasir

Cukup mudah untuk mengakses Pantai Tanjung Pasir. Dari Tangerang kota cari saja jalan ke arah bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Jalan akses ke bandara dari pintu belakang ini terkenal dengan sebutan M1. Sebut saja M1 maka semua sopir angkot dan ojek se-Tangerang pasti tahu. Aslinya, jalan akses di pintu belakang bandara Soetta bernama jl.Suryadharma. Dari sana, terus saja ke arah utara dan kira-kira 5 km menuju lokasi sudah ada petunjuk mengarah ke Tanjung Pasir.

Kndisi jalan tidak buruk namun anda perlu berhati-hati karena pada beberapa ruas jalannya menyempit, ada pasar tumpah, dan kadang harus berbagi jalan dengan bus besar atau truk. Pada jam-jam tertentu, waspadalah dengan konvoi sepeda motor yang nyaris memenuhi jalan, mereka itu karyawan yang sedang berangkat atau pulang kerja.

Secara keseluruhan, rutenya ialah Tangerang kota-bandara Soetta-Kampung Melayu-Teluk Naga-Tanjung Pasir.
Penyebrangan ke Pulau Seribu

Sebenarnya Pantai Tanjung Pasir ini bukan destinasi akhir bagi sebagian besar pengunjung karena di pantainya sendiri tidak banyak hal menarik yang bisa dinikmati. Biasanya para wisatawan itu melanjutkan petualangan dengan menyeberang ke Kepulauan Seribu. Pulau yang paling dekat, paling sering, paling banyak dikunjungi adalah Pulau Untung Jawa.

Di Untung Jawa anda bisa menikmati segarnya udara alami yang masih jauh dari pencemaran. Luasnya hutan bakau yang telah dilengkapi jembatan gantung, cukup untuk membuat anda lelah berjalan menyusurinya baik dengan jalan kaki atau naik sepeda. Penyebrangan ke Untung Jawa, tarifnya Rp 25.000,- dari Tanjung Pasir PP.

Di pantai, anda bisa naik banana boat, memancing, bermain pasir putih di pantai, atau sekedar duduk santi menikmati hidangan seafood. Pantainya jauh lebih bersih dari Tanjung Pasir makanya tidak heran jika Untung Jawa relatif lebih dikenal dari Tanjung Pasir sendiri.

Berwisata ke pantai identik dengan mengeluarkan biaya dan tidak jarang menjadi pemborosan. Pembengkakan biaya ini biasanya karena terlalu banyak membeli makanan atau minuman atau belanja apa saja di lokasi wisata. Sebagai contoh, harga kelapa muda Rp 8.000 per buah sedangkan air mineral bisa seharga Rp 4.000 per botol.