Pantai Wediombo (Pantai Di Ujung Timur Jogja)

Pantai Wediombo dengan cara administratif masuk lokasi Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. Pantai ini terhitung pantai yang ada di ujung timur lokasi Daerah istimewa Yogyakarta. Akses menuju pantai ini amatlah gampang dijangkau sebelumnya setelah datang ke Pantai Siung.

Pantai Wediombo

pantai-wediombo

alamat pantai wedi ombo

Pantai Wediombo ini mempunyai kontur tanah yang lebih rendah dibanding daratan di sekelilingnya. Sebagian puluh anak tangga jadi akses awal kita untuk nikmati keindahan Wediombo. Sambil menapaki jalan turun kita dapat lihat hamparan ladang pertanian serta rumah masyarakat yang ada di sekita pantai tak ketinggalan juga vegetasi mangrove yang tetap tersisa. Perbukitan yang curam serta terjal jadikan lokasi Pantai Wediombo ini jadi arena untuk beberapa pemancing untuk rasakan enaknya memancing di atas bukit. Rutinitas dari masyarakat setempat ini pada akhirnya menular pada beberapa mincing mania yang ada diluar daerah itu.

alamat pantai wediombo lokasi pantai wedi ombo

Memancing di ketinggian bukit karang tidaklah hal yang gampang untuk beberapa mancing mania. Menyusuri bibir Pantai Wediombo kearah timur lalu dilanjutkan naik turun karang di tepian pantai yang licin serta hempasan ombak besar. Tak hingga disitu lalu dilanjutkan naik ke atas bukit yang segera bertemu dengan samudra Indonesia yang luas dan dalam.

misteri pantai wediombo pantai di sekitar wediombo

Perjuangan besar dibayar selesai dengan hasil yang memuaskan untuk beberapa mancing mania ditempat itu. Ikan Cucut atau Panjo (dalam bhs lokal) yaitu hasil minimum yang bakal didapat untuk beberapa mancing mania. Ikan yang panjangnya setara dengan lengan manusia saat ini mempunyai 2 type, yang berupa gilig (silinder) banyak didapati pada musim kemarau, sesaat yang gepeng (pipih) didapati pada musim hujan serta umumnya beberapa mancing mania memakai ikan teri untuk umpan yang dapat diperoleh di tepian pantai. Memperolehnya juga gampang tinggal lempar kail atau menebar jaring maka umpan dapat diperoleh.

pantai wediombo blitar pantai wediombo di yogyakarta

Di Pantai Wedi Ombo ini sebagian pemancing jual ikan Panjo hasil tangkapannya dengan harga Rp. 3. 000, -/ekor kadang-kadang di jual perikat diisi 5-6 ekor ikan seharga Rp. 20. 000, -. Tak ketinggalan juga paket masakan menu Ikan Panjo goreng juga ada cuma Rp 7. 000, 00. Nasinya disajikan dalam bakul kecil, sesaat sambalnya dalam cobek. Porsinya cukup banyak, juga untuk 2 orang.

pantai wediombo jepitu girisubo pantai wediombo jogja

Tak jauh tidak sama dengan masyarakat di pesisir pantai, masyarakat seputar Pantai Wedi Ombo lakukan upacara budaya yang kerap dimaksud Ngalangi yang diselenggarakan satu tahun sekali. Upacara ini serupa Labuhan Besar yang maksud intinya yakni mengungkap rasa sukur pada Tuhan atas anugerah yang dilimpahkan serta memohon rezeki yang tambah baik untuk saat yang akan datang. Ngalangi atau menghambat yaitu prosesi penangkapan ikan lewat cara memakai gawar yang terbuat dari akar pohon wawar yang menjalar untuk jaring yang dipancangkan dari bukit Kedungwok serta dihalau berbarengan ke laut oleh orang-orang setempat.

Sesudah air surut, ikan-ikan di ambil. Warga lalu repot bersihkan serta memasak ikan tangkapan. Beberapa kecil ikan dilabuh lagi ke lautan berbarengan nasi serta sesaji. Beberapa besar yang lain dibagi sesuai sama dengan jumlah keluarga masyarakat setempat serta diantar ke rumah-rumah warga. Acara mengantar ikan ke rumah- rumah warga ini kerap dimaksud kendurian besar, bentuk kearifan lokal bahwasanya seluruhnya ikan yaitu rezeki berbarengan.