Menu Tutup

PASAR KLEWER, ANTARA NOSTALGIA DAN PERADABAN BARU

PASAR KLEWER PUSAT BATIK TERBESAR

Sebagai pasar batik lokal paling besar di Indonesia, dan menjadi pusat pasar batik. Sepertinya pasar Klewer benar-benar sayang kalau sampai tidak dikunjungi, terlebih untuk penggemar wisata belanja ( pakaian). Dimulai dari batik cap, kain katun seharga belasan ribu, sampai batik tulis sutra seharga jutaan rupiah juga ada di pasar ini.

BACA JUGA : PUSAT GROSIR SOLO,BELANJA NYAMAN HARGA BIKIN TUMAN

Sebagai obyek wisata lokal alternatif (wisata belanja), mutu barang yang di tawarkan di Pasar klewer ini tidak akan kalah dengan barang yang dipajang di mall atau butik. Selain itu juga ada satu nilai lebih bila kita berbelanja di pasar tradisional seperti pasar Klewer ini. Disamping harga nya yang murah, dengan berbelanja ditempat ini, kita telah membantu meningkatkan nilai dari pasar tradisional yang saat ini sudah mulai banyak tergusur dengan hadirnya pasar-pasar modern (mall).

Lokasi Pasar Klewer

Pasar klewer yang dulunya datang dari pedagang Pasar Slompretan yang terdapat di jalan Dr. Rajiman (dulu di kenal dengan nama Secoyudan) di Kelurahan Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon. Pasar klewer mempunyai spesifikasi kegiatan bursa textil serta batik paling besar di kota Solo serta sekitarnya dan juga populer di seluruh Indonesia.

PETA PASAR KLEWER : KLIK DISINI

Pasar klewer adalah aset Kota Surakarta yang berdiri di atas tanah seluas 12.950 meter persegi. Tanah itu adalah tanah eks Swapraja/Pasar Slompretan yang lalu dikuasai Pemerintah Kota Surakarta dengan status Hak Pakai No. 8.

Sejarah Pasar Klewer

Foto pasar Klewer tempo dulu
Foto: pinterest.com

Menurut cerita, pada masa penjajahan dahulu pasar Klewer memiliki fungsi untuk tempat pemberhentian kereta. Orang-orang juga memakainya untuk tempat buat menjual beragam jenis produk pada beberapa penumpang sampai pada akhirnya populer dengan nama pasar Slompretan. Kata slompretan datang dari slompret (terompet) lantaran nada kereta yang akan berangkat serupa dengan nada terompet ditiup.

Pasar Slompretan ini biasa dijejali oleh para pedagang kecil yang menjual tekstil terutama batik. Beberapa pedagang ini menjual batiknya dengan cara dipanggul di pundak, hingga batiknya tampak berkleweran atau berjuntaian. Bersamaan dengan perjalanannya, pasar ini lalu lebih populer dengan nama pasar Klewer.

Pada th. 1970an, pasar ini di renovasi menjadi sebuah bangunan permanen berlantai dua yang cukup luas. Konsumen akan lebih leluasa berbelanja lantaran pasar ini mampu menampung lebih dari dua ribu unit kios. Dan pasar Klewer juga mempunyai tangga-tangga yang cukup luas hingga tak ada kesan berdesak-desakan. Membuat pengunjung lebih nyaman berburu barang yang diinginkan.

Saat ini ada sekitar 2.211 pedagang yang memiliki kios dan  765 pedagang oprokan atau yang tidak punya kios tetap. Setelah kebakaran pada tahun 2014 pasar Klewer berbenah. Saat ini sudah mulai tertata rapid an jauh dari kesan kumuh dan sumpek. Terdapat juga lift dan escalator untuk mempermudah mobilitas pengunjung.

Rute menuju Pasar Klewer

Kalau kamu dari arah Jogja, bisa lewat jalur utama Jogja – Solo kemudian menuju jalan Slamet Riyadi. Letaknya yang dekat dengan Keraton Kesunanan Surakarta membuat pasar ini mudah ditemukan. Kamu hanya perlu mengikuti petunjuk arah menuju Keraton sampai menjumpai Gapura besar Keraton, letak pasar Klewer ada disampingnya.

Gapura Keraton
Foto: ublik.id

Kalau dari luar kota dengan naik kereta, kamu bisa turun di stasiun Purwosari atau Stasiun Solo Balapan. Kemudian bisa jalan kaki, naik becak atau naik delman, itung-itung menikmati kawasan kota Solo menuju pasar Klewer. Atau saat ini bisa menggunakan bus Trans Solo rute menuju Keraton Surakarta.

Ayo belanja ke pasar tradisional. Selain harga murah juga suasana yang tentu berbeda jika dibandingkan belanja di mall. Buat kamu yang mau hunting foto, kamu akan menemukan spot-spot foto yang menarik . dan seperti biasa ayo jaga kebersihan lingkingan, kurangi penggunaan plastik  agar lingkungan pasar tetap bersih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *