Pasar Terapung Ah Poong (sentul City)

yuk-belanja-di-pasar-ah-poong-22282e9

Kata siapa harus ke Banjarmasin buat merasakan serunya belanja di sungai apung. Ke Sentul juga bisa, kok!
Dari Desember 2012, lokasi sekitar 3. 5 ha yang ada tepat di pinggir sungai Cikeas ini disulap jadi pusat wisata kuliner yang dinamai Pasar terapung Ah Poong. Gak usah repot-repot mikirin pronunciation-nya, simply call it Apung. Idenya sih memang ingin buat sejenis floating market gitu. Bolehlah, meskipun main areas-nya gak literally berdiri diatas perairan sungai Cikeas serta atraksi belanja di sampan hanya ada di akhir pekan. Ah Poong terbagi dalam 2 area, yakni A serta B. Dari segi bentuk, keduanya sama saja sih. Dimulai dari design rupa si Ah Poong ini sampai detail pernak-pernik yang ada memiliki nuansa kapal.  Cuma saja, makanan yang dijajakan di dua area ini berbeda satu sama lain.

Umumnya Ah Poong ramai di akhir pekan. Terlebih, lokasinya juga mudah dicapai. Dari Jakarta, cukup masuk jalur tol Jagorawi lalu keluar di Tol Sentul City. Sesudah keluar tol, tinggal lurus sedikit, lalu belok kanan pada belokan pertama. Di Ah Poong, anda bisa :
ah_poong_2
Makan makyus!
Makanan yang ada disini cukup beragam, ada main dish seperti Nasi Hainan, Bebek Goreng, Nasi Bakar, Nasi Langgi serta Gado-gado. Ada juga makanan lucu kaya Snow Ice, Cakwe Galaxy, Tahu Pong serta Pisang Ijo. Untuk harga, kisarannya 15 ribu sampai 70 ribuan. Apa sih yang bikin kuliner disini special? Hm, masih ingat Bondan Winarno, yang senang mengatakan “maknyusss”? Nah, bapak kuliner Indonesia ini lah yang memilih serta mereferensikan beberapa makanan yang di jual disini. Ya, bila udah dewa icip kaya Pak Bondan yang mereferensikan, tentunya sih beneran maknyus lah ya? Untuk transaksi, anda harus mempunyai kartu deposit. Beli kartu serta ‘isi’ dengan sejumlah uang, jadi bila ingin beli ini itu tinggal gesek kartu. Sekedar tips, agar tidak bolak-balik ke kasir depan plus ngantri, isi agak banyak aja. Kalaupun nanti tidak terpakai semua, deposit dapat di ambil lagi.

Main Sampan
Bila bosen duduk di ‘kapal’ Ah Poong, anda bisa naik di sampan-sampan yang ada di pinggir sungai Cikeas. GRATIS! Dengan trip sampan ini, anda dapat menjelajahi Ah Poong dari area terujung, melalui jembatan, sampai ke Eco Park! Nah, bila di akhir pekan, bisa deh merasakan sensasi belanja di sampan.
Destinasi21b-PasarApung
Belanja di Atas Perahu
Ini nih mengapa disebutnya Pasar Apung. Untuk masyarakat Jabodetabek, tidak usah jauh-jauh ke Banjarmasin buat merasakan sensasi belanja diatas sampan. Karena setiap weekend pagi hari, anda dapat naik perahu sembari belanja-belanja lucu. Umumnya komoditas barangnya yaitu buah serta sayur.