Pecel Semanggi Asli Surabaya

 Semanggi atau Pecel Semanggi yaitu sejenis makanan khas Jawa Timur, di buat dari daun semanggi yang dikukus serta lalu di nikmati dengan sambal pedas yang nikmat. Semanggi dapat juga disajikan dengan kecambah, kangkung, kerupuk uli yang terbuat dari beras, dan bumbu yang terbuat dari ketela rambat. Saus atau bumbu yang dipakai dalam makanan semanggi mempunyai bahan baku dan rasa yang tidak sama.Penjual semanggi di Surabaya memakai sambal yang di buat dari gula jawa (semakin banyak), terasi, serta cabai.
index
Penjual semanggi Surabaya gampang dikenali lantaran memakai jarit serta selendang untuk memanggul semanggi. Sayuran yang dipakai ada dua jenis, yakni daun semanggi serta kecambah yang di rebus. Bumbunya yang khas terbuat dari kombinasi ketela rambat, kacang tanah, serta gula merah dan dilengkapi kerupuk puli. Karena bahan pokoknya ketela rambat, rasa sambal pecel ini juga didominasi manis ketela.

Untuk memasak semanggi, setelah dibersihkan dari kotoran, semanggi di rendam air panas beberapa waktu agar tak hancur. Waktu menghidangkan, pertama-tama sayuran diletakkan dalam pincuk daun pisang, lalu disiram bumbu yang telah dicairkan dengan air.

Sebagian besar penjual makanan ini datang dari Desa Kendung, Benowo, lokasi pinggiran Kota Surabaya yang berbatasan dengan Gresik. Desa Kendung, Kecamatan Benowo, Surabaya, di kenal untuk kampung semanggi. Warganya membudidayakan tanaman semanggi di lahan-lahan dan beberapa besar berprofesi untuk penjual semanggi lewat cara digendong. Mereka keliling serta keluar masuk kampung di Surabaya menjual semanggi dengan cara berkelompok serta menyebar ke beragam pelosok di Surabaya
Makanan ini khas Kota Surabaya serta tak didapati ditempat lain. Semanggi Surabaya juga umum disebut dalam kisah-kisah (lakon) ludruk Suroboyoan. Juga ada suatu lagu daerah Surabaya yang berjudul Semanggi Suroboyo.

semanggi-di-taman-bungkiul-mbakfajritut

Bila anda sedang berkunjung ke surabaya atau berwisata di daerah sekitar gresik, anda akan menemukan penjual pecel semanggi ini di pinggir jalan, sempatkanlah waku sebentar untuk mencicipi makanan asli surabaya yang satu ini. harganya yang murah serta rasanya yang enak pantas anda coba.