Pemandian Air Panas Ciater di Jawa Barat

Pemandian Air Panas Ciater Jawa Barat – Ciater atau Sari Ater adalah salah satu obyek wisata favorit Kabupaten Subang, Jawa Barat. Dalam satu bulan, tempat pemandian air panas alami Ciater dapat menarik pengunjung rata-rata sebanyak 60.000 orang. Mereka bukan hanya wisatawan dari lingkup lokal Jawa Barat dan sekitarnya saja, melainkan juga datang dari kota-kota besar di Indonesia, bahkan tidak sedikit pula wisatawan asing yang berasal dari negara-negara di kawasan Timur Tengah.
9
Pemandian Air Panas Ciater berlokasi tidak jauh dari Gunung Tangkuban Perahu. Air panas yang dihasilkan pun bersumber dari kawah aktif gunung yang menjadi legenda tanah Pasundan itu. Selain dialirkan ke pemandian Ciater, air yang mengaliri sungai sepanjang 2000 meter itu juga digunakan untuk kepentingan pengairan lahan persawahan. Menurut pengakuan para petani setempat, air yang bersumber dari Gunung Tangkuban Perahu itu lebih berdampak positif terhadap mutu hasil panen daripada jika menggunakan air biasa untuk mengairi sawah.
10o
Fenomena ini tentu saja menjadi berkah bagi masyarakat sekitar yang waktu itu sedang mengalami kesusahan akan air bersih. Pancaran air yang keluar dari pohon ater tersebut diyakini oleh warga berkhasiat untuk mengobati penyakit, terutama penyakit kulit. Kebenaran atas keyakinan warga itu dibuktikan oleh seorang peneliti dari Belanda, Hack Bessel, setelah melakukan pengujian terhadap air yang ternyata memang mujarab itu.

Cukup beragam keunikan yang ditawarkan Pemandian Air Panas Ciater, bahkan sebelum Anda tiba di lokasi pemandian. Di sepanjang perjalanan menuju lokasi wisata, Anda akan disuguhi pemandangan yang sangat indah dan asri. Hamparan kebun teh yang menghijau di kanan dan kiri jalan akan menyegarkan pandangan serta menentramkan hati siapa saja yang melihatnya. Udara khas pegunungan yang sejuk akan menambah nyaman perjalanan Anda menuju lokasi pemandian air panas Ciater.

Selain dapat menyembuhkan penyakit kulit, manfaat yang terkandung di dalam aliran air panas Ciater juga diyakini berkhasiat untuk terapi penyembuhan rematik, gangguan syaraf dan tulang, serta penyembuhan kelumpuhan yang diakibatkan oleh penyakit darah tinggi atau stroke (http://www.subank.wordpress.com). Hal ini disebabkan karena air panas yang terdapat di Ciater mengandung belerang dengan komposisi yang ideal untuk kesehatan. Tentu saja khasiat dari air panas Ciater ini akan dapat dirasakan jika Anda melakukan terapi dengan berendam secara rutin dan teratur. Untuk menunjang kebutuhan pengunjung akan hal tersebut, di Ciater juga disediakan fasilitas tempat terapi pengobatan.

Tidak hanya pemandangan alam dan terapi kesehatan yang Anda dapatkan di tempat tujuan wisata Ciater. Banyak kegiatan menyenangkan yang bisa Anda sekeluarga lakukan di tempat ini, seperti bersepeda, berenang, memancing, berperahu dan mendayung, arung jeram, berkuda, tenis lapangan, basket, voli, mini golf, gokart, berkemah, outbond, wahana permainan anak-anak, jalan-jalan di perkebunan teh, hingga mengunjungi kerajinan keramik.

Untuk mengakses pemandian air panas Ciater sangatlah mudah karena tempat tujuan wisata ini berada di lokasi yang cukup strategis, yakni tidak jauh dari jalan utama yang menghubungkan Kabupaten Subang dan Kota Bandung dengan Lembang yang berada di antaranya. Rute menuju Ciater dapat dilakukan dari semua arah. Dari Bandung, Ciater dapat dicapai hanya dalam waktu 30 menit dengan jarak 32 kilometer. Dari Lembang berjarak 15 kilometer, dari Kawah berjarak 7 kilometer, sedangkan jika berangkat dari Subang akan memakan jarak tempuh sekitar 30 kilometer. Apabila Anda berangkat dari ibukota Jakarta, terdapat dua pilihan rute ke pemandian air panas Ciater. Pertama, melalui rute arah Puncak yang berjarak tempuh sepanjang 212 kilometer, dan rute kedua adalah dari Jakarta melewati Tol Cikampek—Bekasi dengan jarak tempuh 185 kilometer. Biaya masuk kompleks pemandian air panas Ciater adalah sebesar Rp15.000/orang (per Oktober 2009). Harga tersebut belum termasuk biaya untuk bisa menikmati air panas di kolam pemandian yang dikenai banderol bervariasi, dari Rp20.000,- hingga Rp55.000,- tergantung fasilitas yang disediakan.

Fasilitas yang disediakan untuk melengkapi obyek wisata pemandian air panas Ciater cukup beraneka ragam yang selalu mengalami pengembangan dari tahun ke tahun. Mulai dari fasilitas umum, pelayanan istimewa, penginapan, hingga kuliner khas sebagai oleh-oleh disediakan di obyek wisata alam dan kesehatan ini. Fasilitas umum seperti lahan parkir, masjid, toilet, serta sarana berbelanja, sudah pasti disediakan di lokasi wisata ini.