Pulau Ayer (Pulau Indah Di Kepulauan Seribu)

Pulau Ayer, Kepulauan Seribu nyaris seluruhnya orang tahu, cuma saja mungkin lantaran letaknya yang dekat maka banyak yg tidak menyempatkan diri untuk mendatanginya. Terhitung saya. Telah jalan kemana-mana, jadi yang di depan mata tak pernah untuk didatangi. Serta datanglah peluang itu, Jumat 9 Desember 2011 lalu, berbarengan rekan kantor saya mendatangi satu diantara pulau dari kepulauan seribu, Pulau Ayer.

pulau ayer biaya pulau ayer chawan reclamation
Kami berkumpul di demaga 16 Marina Ancol, 24 orang seluruhnya. Serta pada sore yang cerah, boat kami bergerak perlahan meninggalkan dermaga. 4 buah mesin Yamaha dibelakang boat menderu menyebabkan gelombang besar di belakang boat. Saya ada disamping Atun driver boat, dia katakan ombak bakal sedikit besar serta saat tempuh ke Pulau Ayer 20 menit. Didalam boat jadi agak panas, maka saya berpindah ke belakang serta duduk diluar kabin dibagian belakang boat.

Pulau Ayer

Di-Pinggir-Pulau-Ayerpulau ayer bandung

Pulau Ayer, Sesaat lalu Atun menaikkan throttle serta mesin Yamaha yang ada pas dibelakang saya menggeram serta boat meluncur dengan cepat. Menurut Ayun kecepatan boat optimal yaitu 30 knots, umumnya cuma digerakkan dengan kecepatan 20-25 knots. Sebentar lalu boat kami meninggalkan pintu dermaga di samping gedung tinggi Ancol Mansion terlihat menjulang dari kejauhan. Di samping kiri ada 3 gedung tinggi berwarna kebiruan. Laut berombak agak besar.

pulau ayer kaskus pulau ayer resort & cottages jakarta

Pulau Ayer, Dari kejauhan terlihat siluet sebagian pulau, di kiri kanan terdapat banyak kapal yang mensupport bagang diatasnya. Dahulu bagang-bagang itu ditancapkan ke laut serta menetap disuatu lokasi. Saat ini nelayan telah semakin maju. Di atas suatu kapal memiliki ukuran tengah diletakkan bagang yang melintang panjang. Jadi kapal itu dari jauh seperti mensupport bagang yang melintang diatasnya. Di langit, pesawat terlihat berurutan turun mendekati mendarat ke Bandara Soekatno-Hatta.

pulau ayer1

Tak jadi 15 menit berlalu, serta Atun kurangi kecepatan. Di depan kami suatu pulau yg tidak terlampau besar terlihat rimbun ditumbuhi pohon-pohon. Suatu dermaga terlihat kokoh di pantainya. Atun mendekatkan boat ke dermaga serta sandar dengan mulus. Welcome to Ayer island.

Pulau Ayer adalah pulau paling dekat dari pantai Jakarta. Pada masa dulu jadi pulau beristirahat Raja serta sempat juga jadi tempat Presiden bersitirahat. Luasnya seputar 3 kali lapangan bola. Kami turun serta check in. Saya medapat cottage di Fak-Fak 1. Lokasi, gedung, di Pulau Ayer dinamakan dengan nama Papua, seperti : Randiki, Serui, Ohsibi, Enarotali, Ayamaru, Mamberamo dsbnya. Saya tidak paham argumennya, kenapa pengelola Ayer menamakan lokasi serta cottage dengan beberapa nama di Papua.

pulau ayer review pulau ayer

Sesudah check in, kami diantar ke cottage masing-masing. Cecep satu diantara petugas mengantarkan kami ke cottage. Ada kian lebih 30 cottage kayu yang terdapat di atas laut (wooden floating cottage), juga terdapat banyak cottage yang ada di daratan. Kebetulan Fak Fak 1 ada si laut. Cottage itu di bangun + 3 mtr. di atas air laut, akses jalan terbuat dari sejenis jembatan kayu.

Dari jendela Fak Fak 1 pandangan terlepas ke laut, gedung-gedung tinggi di pantai Jakarta keliatan dari jauh. Sebagian kapal bagang terlihat bergerak mencari lokasi yang paling cocok. Dari kejauhan ada siluet pulau, Cecep katakan itu pulau Masyarakat serta Pulau Bidadari.