Pulau Kembang Kalimantan Selatan

 Pulau Kembang yaitu suatu delta yang terdapat di dalam sungai Barito yang termasuk di dalam wilayah administratif kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, propinsi Kalimantan Selatan. Pulau Kembang terdapat di samping barat Kota Banjarmasin. Pulau Kembang diputuskan sebagai hutan wisata menurut SK. Menteri Pertanian No. 788/Kptsum12/1976 dengan luas 60 Ha.

46001018

Pulau Kembang adalah habitat untuk kera ekor panjang (monyet) serta beberapa type burung. Lokasi pulau Kembang juga adalah satu diantara obyek wisata yang ada didalam lokasi hutan di Kabupaten Barito Kuala.

Di dalam lokasi hutan wisata ini ada altar yang ditujukan untuk tempat meletakkan sesaji untuk ” penjaga ” pulau Kembang yang dilambangkan dengan dua buah arca berwujud kera berwarna putih (Hanoman), oleh orang-orang dari etnis Tionghoa-Indonesia yang memiliki kaul atau nazar tertentu. Seekor kambing jantan yang tanduknya dilapis emas umumnya dilepaskan ke dalam hutan pulau Kembang jika suatu permintaan sukses atau terkabul.

Menurut ceita, pulau Kembang datang dari kapal Inggris yang dihancurkan oleh orang Biaju pada th. 1750-an atas perintah Sultan Banjar. Puing-puing sisa kapal itu makin lama ditumbuhi pohon-pohon serta berubah jadi suatu pulau yang lalu didiami sekumpulan kera. Beberapa orang desa yang ada di sekitar pulau baru ini berasumsi bahwasanya kera-kera itu adalah penjelmaan yang menggunakan sarungan kera. Grup kera itu di pimpin oleh seekor kera yang benar-benar besar berwarna putih

Kera-kera di lokasi ini yang sejumlah ribuan, benar-benar akrab dengan beberapa pengunjung. Umumnya saat beberapa wisatawan datang berkunjung, kera-kera itu banyak yang menanti di dermaga, menanti beberapa wisatawan berikan mereka makanan seperti pisang, kacang, dan sebagainya

kera pkembang
Serta sebelum berkunjung di pulau Kembang baiknya beberapa barang kecil disembunyikan di dalam tas serta dipegang erat baik itu kacamata, topi, jam tangan, kamera, lantaran bila tak, akan dicolong oleh monyet-monyet itu. Serta baiknya siapkan saja beberapa makanan kecil untuk diberikan ke kawanan monyet itu. Monyet-monyet di sini benar-benar agresif, mungkin saja lantaran mereka kelaparan…. Apabila takut dengan monyet baiknya jangan sampai bertumpu atau mendekat ke dermaganya, lantaran akan histeria lihat monyet yang benar-benar agresif-agresify yang naik ke jukung, cukup menyaksikan dari jauh-jauh saja bagaimana monyet-monyet itu bertingkah.