Pulau Lengkuas, Ikon Pulau Belitung

Pulau Lengkuas Bangka Belitung – Pulau ini berada di sebelah barat laut Pulau Belitung, bila anda menghadap ke arah utara dari pantai Tanjung Kelayang, letaknya di arah jam sepuluh, sekitar 300 derajat barat laut. Pulau yang merupakan bagian dari Kecamatan Sijuk ini sejatinya merupakan ikon Pulau Belitung yang terkenal sebagai negeri Laskar Pelangi.

19
Untuk mencapai Pulau Lengkuas, bisa melalui Desa Tanjung Kelayang maupun Desa Tanjung Binga. Bila anda memilih Desa Tanjung Kelayang sebagai starting point-nya, maka anda bisa mampir ke Pulau Pasir, Pulau Babi, Pulau Burung, dan Pulau Kelayang terlebih dahulu sebelum akhirnya ke Pulau Lengkuas. Namun bila anda mengambil rute Tanjung Binga, maka anda bisa mampir ke Pulau Litung dan Pulau Semaju, sebelum akhirnya menuju Pulau Lengkuas.

Pulau yang hak pengelolaannya ini masih menjadi tanggung jawab Departemen Perhubungan Pusat ini tidak terlalu luas, hanya sekitar 1 hektar saja, karena itu, untuk melakukan kegiatan eksplorasi pulau hanya dibutuhkan waktu sekitar 1 jam saja.

20
Di sekitar Pulau Lengkuas terdapat beberapa pulau kecil yang bisa didatangi hanya dengan berjalan kaki, namun untuk bisa ke sana, tentunya anda harus menunggu air laut surut terlebih dahulu. Walaupun bisa didatangi dengan berjalan kaki, pulau-pulau kecil ini masih terpisah oleh air laut dengan kedalaman mencapai dada orang dewasa. Jaraknya pun hanya sekitar 30 meter dari bibir pantai Pulau Lengkuas. Banyak pula fotografer yang mengambil foto mercusuar dari pulau kecil ini.

Beberapa aktifitas yang dapat dilakukan di Pulau Lengkuas ini diantaranya, snorkeling, memancing, mengelilingi pulau, naik ke mercusuar, dan ber-foto ria. Sunset dan sunrise pun bisa anda nikmati dari pulau ini, karena letaknya yang memang sedikit keluar, ke arah Laut Cina Selatan. Sehingga sunset dan sunrise tidak terhalangi oleh pulau-pulau lainnya.