Pulau Malenge (Pulau Favorit Di Sulawesi)

Menyelam, snorkeling, berenang yaitu sebagian aktivitas andalan waktu berkunjung ke lokasi cantik Taman Nasional Kepulauan Togean, tidak kecuali waktu datang ke pulau yang satu ini : Pulau Malenge. Pulau Malenge, barangkali jadi satu diantara pulau favorite Anda diantara beberapa puluh pulau yang tercakup dalam kompleks wisata bahari andalan Sulawesi Tengah di Togean.

Pulau Malenge

PulauMalenge_00001

Pulau Malenge sesungguhnya mencakup dua sisi pulau, yakni Pulau Papan yang ditempati suku Bajoe serta Pulau Kadoda yang berbentuk cottage mencakup 8 kamar. Ke-2 pulau itu dikaitkan jembatan kayu panjang yang memukau sejauh 1. 800 m. Yakinkan Anda membidikan kamera ke arahnya untuk menangkap event waktu anak-anak sekolah jalan melewatinya dengan cara berkelompok. Objek unik ini dapat benar-benar prima jika Anda photo dari atas bukit di Pulau Papan.

Tak hanya mempunyai gugusan pantai yang indah serta panorama alam yang memesona, Pulau Malenge terbilang unik dengan keadaan alamnya yang tetap diliputi rimba tropis nan rimbun. Kehidupan orang-orang suku Bajoe dengan kederhanaan serta keterikatan mereka dengan laut yaitu hal menarik untuk dilihat.

Pulau Malenge adalah satu dari 6 pulau paling besar yang terdapat di samping utara lokasi Taman Nasional Kepulauan Togean. Dengan cara administratif, pulau seluas sekira 12, 21 km2 ini masuk dalam lokasi Kecamatan Walea, Kabupaten Tojo Una-una, Sulawesi Tengah.

Pulau Malenge bisa ditempuh dengan perjalanan memakai perahu boat dari Ampana sekira 2-4 jam.

Untuk hingga di Ampana, jika Anda datang dari Jakarta maka sebaiknya pesan penerbangan ke Palu atau Luwuk. Anda bisa memakai pesawat Lion Air, Sriwijaya Air, serta Garuda Indonesia, dari Bandara Sukarno Hatta Cengkareng menuju Bandara Mutiara di Palu (3 jam perjalanan). Harga tiketnya berkisar pada 700 ribu rupiah hingga 1 juta rupiah.

pulau malenge

Dari Bandara Mutiara-Palu, Anda bisa menyewa taksi bandara menuju travel dengan biaya sekira Rp50. 000, -. Travel ini bakal membawa Anda ke Ampana. Tersebut pilihan armada travel menuju Ampana dengan tarif seputar Rp110. 000, -.
Touna Travel di Jalan Sam Ratulangi Palu (Tlp. +62 0451 454808) dengan jadwal keberangkatan jam 08. 00 WITA serta 16. 00 WITA. Sansarino Travel di Jalan Sisingamagaraja Palu (Tlp. +62 0451 425807) dengan jadwal keberangkatan jam 09. 00 WITA. Togean Indah Travel di Jalan Suprapto Palu (Tlp. +62 0451 422829)
Selanjutnya teruskan perjalanan dengan perahu atau feri dari Ampana ke Malenge.

Jika Anda datang dari Gorontalo, Anda bisa naik feri sepanjang 12 jam menuju Wakai ; feri itu beroperasi 2 kali satu minggu. Dari Wakai ada kapal menuju ke Pulau Malenge.

Untuk jadwal pulang, keberangkatan dari Pulau Malenge-Ampana bisa menumpang kapal dengan jadwal keberangkatan jam 6 pagi (transit di Pulau Wakai). Kapal di pulau ini tak beroperasi tiap-tiap hari, tetapi beroperasi cuma pada hari Kamis serta Minggu.