Pulau Menjangan nan Indah

Pulau Menjangan Bali – Sebuah pulau kecil di Taman Nasional Bali Barat ini punya perpaduan wisata  antara budaya, seni, dan alam yang menakjubkan. Kita seakan-akan tidak akan pernah selesai untuk menikmati pesonanya.

6

Pulau Menjangan teretak di  Kawasan Taman Nasional Bali Barat. Jika Anda berdomisili di Denpasar, dibutuhkan waktu sekitar 4 jam perjalanan darat menuju Labuan Lalang. Bila wisatawan mengambil titik keberangkatan dari pelabuhan Gilimanuk, maka waktu tempuh tak lebih dari setengah jam perjalanan.

JikaAnda menggunakan angkutan umum rute Gilimanuk–Singaraja,yang tarifnya cukup bersahabat yaitu Rp 10.000,00 Anda dapat menikmati suguhan hutan di kawasan Taman Nasional Bali Barat yang eksotis. Jalanan yang mulus dan tidak terlalu ramai, membuat kita seakan berada di suatu daerah yang berbeda.

Penyeberangan umum yang digunakan untuk menyeberang menuju Pulau Menjangan adalah melalui Labuan Lalang. Untuk menyebrang, kita bisa menggunakan perahu dengan kapasitas 10 sampai 12 orang. Perahu ini dapat disewa oleh guide sekitar, dengan harga Rp 300-400 ribu.

Kalau Anda bepergian sendiri, bisa menggunakan sistem sharing atau berbagi perahu dengan pelancong lain agar harga yang didapat juga bersahabat. Untuk seorang solo traveler yang hendak menyeberang, dibutuhkan biaya sekitar Rp 150-200 ribu yang meliputi sewa kapal, alat snorkeling, guide, dan tiket masuk ke Pulau Menjangan.

Setalah menempuh perjalanan  kurang lebih 45 menit, Anda akan dimanjakan oleh keindahan pantai dan bawah laut. Bagi penggemar snorkeling, berenang di antara gerombolan ikan warna-warni, melihat karang yang masih bagus, serta bintang laut yang bertebaran, tampaknya akan menyisakan pengalaman yang berkesan. Belum lagi kontur Pulau Menjangan yang unik. Pantai landainya dihiasi karang, dan langsung membetuk palung yang sangat dalam. Sensasi berenang di atas palung yang tidak terlihat tentulah membuat adrenalin meningkat. Untuk penggemar diving, bisa dikatakan Pulau Menjangan merupakan salah satu dive spot terbaik dengan dinding karang dan tantangan yang menarik. Mau snorkeling atau diving, Menjangan bisa memberikan keduanya.

Selain  kaya dengan pesona alamnya, Pulau Menjangan juga memiliki pura yang masih digunakan sebagai tempat sembahyang pemeluk agama Hindu. Salah satu hal yang unik di sana ada  pura yang memiliki Patung Ganesha berukuran besar. Letaknya  berada di pinggir pantai membuat keberadaan pura dan Patung Ganesha terlihat semakin eksotik.

Waktu 4 jam untuk menikmati keindahan Pulau Menjangan terasa tidak cukup. Keindahan Pulau Menjangan ini masih terus menarik  para pelancong untuk kembali ke sana.