Pulau Wakatobi (Surga Bawah Laut)

Tahukah Anda bahwasanya Indonesia mempunyai satu diantara surga bawah laut paling indah didunia? Surga bawah laut itu di kenal dengan Taman Nasional Wakatobi yang terdapat di Kabupaten Wakatobi, Propinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Ibu kota Wakatobi yaitu Wangi-Wangi. Kabupaten Wakatobi terbagi dalam empat pulau utama, yakni Wangiwangi, Kalidupa, Tomia, serta Binongko. Jadi, Wakatobi yaitu singkatan nama dari ke empat pulau utama itu. Sebelum saat 18 Desember 2003, kepulauan ini dimaksud Kepulauan Tukang Besi serta tetap adalah sisi dari Kabupaten Buton. Dengan cara astronomis, Kabupaten Wakatobi ada di selatan garis khatulistiwa serta seperti daerah lain di Indonesia,Pulau Wakatobi mempunyai dua musim, yakni musim hujan serta musim kemarau. Taman Nasional Wakatobi yang diputuskan pada th. 1996, dengan keseluruhan area 1, 39 juta hektar, menyangkut keanekaragaman hayati laut serta karang yang tempati satu diantara posisi prioritas paling tinggi dari konservasi laut di Indonesia.
“Wakatobi adalah tempat menyelam paling indah didunia. “ – Jacques Costeau ( Seseorang jurnalis selam dunia).

Pulau Wakatobi

wakatobi-marine-parkdeskripsi pulau wakatobi

Keindahan serta kekayaan Pulau Wakatobsesungguhnya telah populer di mancanegara, terlebih sesudah Ekspedisi Wallacea dari Inggris pada th. 1995 yang mengatakan bahwasanya lokasi di Sulawesi Tenggara ini benar-benar kaya bakal spesies koral. Disana, ada 750 dari keseluruhan 850 spesies koral yang ada didunia. Konfigurasi kedalamannya beragam dimulai dari datar hingga melandai ke laut serta di sebagian daerah perairan ada yang bertubir curam. Sisi terdalam perairannya meraih 1. 044 mtr..

info pulau wakatobi kebudayaan pulau wakatobi

Pariwisata bahari yaitu kesibukan wisata yang telah lama di kenal serta adalah pariwisata andalan di Pulau Wakatobi. Kekayaan biota laut ini tak lain lantaran hamparan terumbu karang yang benar-benar luas di selama perairan dengan topografi bawah laut yang berwarna-warni seperti wujud slop, flat, drop-off, atoll serta underwater cave.

pulau wakatobi ada di pulau wakatobi adalah
Kian lebih 112 type karang dari 13 famili salah satunya Acropora formosa, A. Hyacinthus, Psammocora profundasafla, Pavona cactus, Leptoseris yabei, Fungia molucensis, Lobophyllia robusta, Merulina ampliata, Platygyra versifora, Euphyllia glabrescens, Tubastraea frondes, Stylophora pistillata, Sarcophyton throchelliophorum, serta Sinularia spp yang tinggal serasi berbarengan penghuni bawah laut yang lain.

pulau wakatobi di daerah mana pulau wakatobi kendari

Kekayaan type ikan yang dipunyai taman nasional ini sejumlah 93 type ikan salah satunya (Cephalopholus argus), takhasang (Naso unicornis), pogo-pogo (Balistoides viridescens), napoleon (Cheilinus undulatus), ikan merah (Lutjanus biguttatus), baronang (Siganus guttatus), Amphiprion melanopus, Chaetodon specullum, Chelmon rostratus, Heniochus acuminatus, Lutjanus monostigma, Caesio caerularea, dan sebagainya.

exotic-place-wakatobiwakatobi di pulau apa

Taman Nasional Wakatobi juga jadi tempat sebagian type burung laut seperti Angsa-Batu Coklat (Sula leucogaster plotus), Cerek Melayu (Charadrius peronii) serta Raja Udang Erasia (Alcedo atthis) bersarang. Sebagian type penyu juga jadikan taman ini untuk rumah mereka seperti penyu sisik (Eretmochelys imbricata), penyu tempayan (Caretta caretta), serta penyu lekang (Lepidochelys olivacea).