Pura Batu Bolong (Salah Satu Pura Di Bali)

Bali juluki untuk pulau seribu pura, diantara pura pura itu satu diantaranya yaitu Pura Batu Bolong yang terdapat di Desa canggu, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung. Jarak tempuh ke lokasi pura ini seputar 18 km dari kota denpasar serta kurang lebih 45 menit perjalanan dari bandara Ngurah Rai apabila memakai kendaraan bermotor.

Pura Batu Bolong

batu-bolong-scenery3

alamat pura batu bolong

Pura Batu Bolong didirikan untuk tempat pemujaan pada Ida Batara Segara serta adalah satu diantara Pura Kayangan Jagat di Bali. Orang-orang Hindu di Bali senantiasa datang tiap-tiap hari ke pura ini untuk lakukan sembahyang memohon barokah dari Ida Batara Segara supaya diberikan kerahayuan serta kerharmonisan. Diluar itu pura Batu Bolong adalah tempat penyucian benda benda sakral punya pura-pura yang ada di Bali (pralingga atau pratima Ida Bhatara serta semua perlengkapannya). Ritual upacara Melasti, Pekelem, Purnama kapat serta Piodalan senantiasa diselenggarakan dipura ini.

denah pura batu bolong pura batu bolong desa sawan

Pura Batu Bolong ada kurang lebih 50 mtr. dari bibir pantai Canggu dengan posisi menghadap kearah selatan pulau serta ada di tempat seluas kurang lebih 50 are, seperti pura-pura kayangan jagat yang ada di Bali, pura ini dapat mempunyai Tri Mandala yakni utamaning mandala (jeroan), madianing utama (halaman tengah) serta nistaning mandala (jaba segi).

pura batu bolong di bali pura batu bolong lombok

Histori awal pembangunan Pura Batu Bolong belum di ketahui dengan cara pasti, beragam versus serta narasi ada dalam lontar yang ada di Bali.

Menurut Lontar Empu Kuturan serta Lontar Lokakranti Pura ini dibangun pada era XIV, waktu Empu Kuturan turut serta berbarengan Raja Udayana mengadakan pertemuan di Samuan Tiga, Bedulu, Gianyar. Dalam perjalanan ikuti raja Empu Kuturan temukan batu karang yang ada di samping selatan Linggasana (Tabanan) di situ dia lihat orang tua bertapa dengan khidmat. Lalu Empu Kuturan memberinya teguran. Tetapi, sang pertapa itu tak bergeming dari tapanya. Sesudah pertapa itu terjaga terjadi perbincangan dengan Empu Kuturan, dari hasil perbincangan itu pada akhirnya tempat ini disetujui berdua dinamakan Parang Bolong.

Batu Bolong 01

pura batu bolong wiki

Sedang menurut Lontar Papar Ida Pedanda Sakti Wawu Rauh, koleksi I Gede Suci, Pemangku Pura Puseh, Banjar Pipitan Canggu yang berkenaan dengan Lontar Dwijendra Tatwa, dijelaskan bahwasanya Pura Batu Bolong didirikan th. 1489 Masehi, era XV. Ini terkait dengan anjangsana Ida Danghyang Dwijendra dengan kata lain Danghyang Nirartha dengan kata lain Ida Pedanda Sakti Wawu Rauh turun ke Bali.

sejarah pura batu bolong di lombok sejarah pura batu bolong tanah lot

Orang-orang seputar pura bermata pencaharian untuk petani serta nelayan, ini dapat tampak dari sawah-sawah yang ada waktu menuju lokasi pura sedang pada posisi samping timur pura bakal tampak perahu perahu beberapa nelayan.

Pura Batu Bolong ini terurus baik, bersih serta asri. Untuk area parkir ada disamping bangunan pura. Lantaran lokasi pura ini ada dipantai Canggu, untuk wisatawan yang bertandang ke pura ini bisa pula melihat indahnya pemandangan alam pantai Canggu yang menakjubkan.