Pura Tanah Lot (Keindahan Alam Saat Matahari Tenggelam)

Pura Tanah Lot suatu tempat wisata di Bali yang tawarkan keindahan alam waktu matahari tenggelam. Kekhasan Pura Tanah Lot adalah tempatnya yang terdapat di dalam laut kurang lebih 300 mtr. dari bibir pantai, ada juga batu karang yang di tengahnya ada gua besar.

Pura Tanah Lot

TanahLot03

filosofi pura tanah lot

Di samping utara Pura Tanah Lot ada suatu pura yang terdapat diatas tebing yang menjorok ke laut. Tebing ini menghubungkan pura dengan daratan serta berupa seperti jembatan yang melengkung. Disini ada dua pura yang terdapat diatas batu besar. Satu terdapat diatas bongkahan batu serta satunya terdapat diatas tebing serupa dengan Pura Uluwatu. Pura Tanah Lot ini adalah sisi dari pura Dang Kahyangan serta adalah pura laut tempat pemujaan dewa penjaga laut.

Ocean Temple fungsi pura tanah lot

Dibawah serta di samping barat ada sumber air tawar yang disebut air suci untuk Umat Hindu. Jika turun ke pantai pada Pura Tanah Lot dengan tebing, maka pada bln. spesifik bakal melihat matahari tenggelam di mana bola matahari yang berwarna merah bakal pas ada di lobang tebing, seperti mata yang capek melihat dunia. Sayangnya panorama ini cuma bisa disaksikan pada bulan-bulan spesifik yakni waktu matahari terbenam cenderung ke utara.

lokasi pura tanah lot luas pura tanah lot

Pada sebagian lorong tebing karang di seputar Pura Tanah Lot ada ular-ular belang yang jinak serta diakui oleh orang-orang setempat untuk penjaga pura. Di seputar pura juga ada mata air tawar serta bisa dipandang jika air laut tengah surut. Kehadiran mata air tersebut sebagai satu diantara pertimbangan saat tempat ini diambil untuk lokasi pura itu.

pura tanah lot from seminyak pura tanah lot location

Kata Tanah Lot terbagi dalam kata “Tanah” yang disimpulkan untuk batu karang, “Lot” atau “Lod” bermakna laut. Jadi Tanah Lot ditujukan yakni tanah yang ada di dalam laut. Pura Tanah Lot didirikan pada era ke-15 oleh Pedanda (pendeta) Hindu bernama Bawu Rawuh atau Danghyang Nirartha yang datang dari Kerajaan Majapahit. Danhyang Niratha dalam perjalanannya untuk menyebarkan agama Hindu dari tanah Jawa pada era ke-16. Sebelum saat berikan panduan untuk membangun pura ditempat ini, beliau rasakan ada getaran-getaran kesucian serta memperoleh kesempurnaan bathin.

Menurut Legenda Danghyang Nirartha yang berpedoman ajaran Hindu sukses menguatkan keyakinan orang-orang setempat untuk perihal ajaran Agama Hindu. Seseorang pemimpin suci ditempat itu yang bernama Bendesa Beraban terasa tersaingi lantaran banyak pengikutnya jadi pengikut Danghyang Nirarta. Lalu Bendesa menyuruh Danghyang Nirartha pergi meninggalkan Tanah Lot. Beliau menyanggupi namun sebelum saat meninggalkan Tanah Lot dengan semua kekuatannya ia memindahkan Bongkahan Batu ke tengah pantai serta bangun pura di sana. Ia juga merubah selendangnya jadi ular penjaga pura. Ular ini tetap ada hingga saat ini serta ular ini terhitung type ular laut yang memiliki tanda-tanda berbuntut pipih seperti ikan, warnanya hitam berbelang kuning. Bendesa Beraban terasa takjub serta lalu jadi pengikut Danghyang Nirartha.

TanahLot

pura tanah lot low tide

Untuk suatu object wisata, Tanah Lot sudah dikelola dengan cara profesional yang dilengkapi dengan sarana parkir, toilet, art shop, restoran, hotel, open stage, tourist information centre, serta sarana security serta safety. Dengan membayar ticket masuk maka semua pengunjung sudah dilindungi dengan asuransi kecelakaan. Begitupun dengan service parkirnya, tiap-tiap kendaraan yang masuk ke lokasi tanah lot dengan membayar retribusi parkir dengan cara segera telah dilindungi dengan asuransi.