Rawon Masakan Khas Jawa Timur

 Rawon bisa dikatakan makanan favorite daerah Jawa Timur, sejenis sup daging dengan kuah khas yang berwarna cokelat kehitam-hitaman di dapat dari buah kluwek. Daging buat saya bukan hanya makanan favorite. saya lebih senang sayur-sayuran fresh, namun rawon nguling serta rawon setan bikin saya sedikit jatuh cinta pada masakan yang bahan pokoknya daging itu.
rawon
Resep rawon telah menjadi satu diantara resep yang paling di cari orang sbg bahan untuk membuat rawon. Kita mengerti bawa rawon adalah makanan yang memiliki cita rasa yang khas dengan warna hitam yang ada didalam kuah rawon itu. Beberapa orang yang suka rawon dikarenakan bumbunya yang khas. Rawon ini adalah makanan khas jawa timur yang memiliki bentuk menyerupai dengan sop yakni berbentuk sop.

Buat anda yang suka dengan masakan rawon, di bawah ini saya akan menjelaskan mengenai bumbu serta langkah memasaknya. Resep rawon ini dapat anda hidangkan ditengah tengah keluarga anda waktu pada pagi hari dengan di dukung oleh bermacam minuman serta buah-buahan.

Banyak versi atau langkah memasak rawon semuanya membuahkan sensasi yang tidak sama. Bila anda tertarik membuatnya silakan teruskan membaca artikel ini.

Bahan-bahan :

300 gr daging tentukan yang agak berlemak (nggajih kata orang jawa)
tauge pendek warna putih yang masih muda
4 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
1 batang serai dimemarkan
2 cm lengkuas atau laos yang dimemarkan
garam serta merica secukupnya
6 gelas air

Bumbu yang dihaluskan :

4 butir bawang merah
2 siung bawang putih
4 butir kemiri
5 buah kluwek, di ambil isinya
2 buah cabai merah

Langkah memasak rawon :

Potong daging sapi jadi kotak-kotak kecil. Panaskan 2 sendok makan minyak serta tumis bumbu yang dihaluskan berbarengan serai, lengkuas, daun salam serta daun jeruk. Tambahkan garam serta merica sesuai kebutuhan.

Panaskan enam gelas air dalam suatu panci masukkan bumbu yang sudah ditumis, masukkan daging serta rebus sampai masak atau daging cukup empuk. Jika air menyusut, tambahkan sesuai selera.
rawon
Hidangkan bersama nasi hangat serta taburi tauge. Bila anda penikmat sambal jangan sampai ketinggalan. Rasa pedas bakal menaikkan selera makan anda. Selamat menikmati