Rendang Masakan Asli Minangkabau

Rendang atau randang merupakan masakan daging bercita rasa pedas yang memakai kombinasi dari beragam bumbu serta rempah-rempah. Masakan ini dihasilkan dari sistem memasak yang dipanaskan berkali-kali dengan santan kelapa. Sistem memasaknya memakan waktu berjam-jam (umumnya kurang lebih empat jam) sampai kering serta berwarna hitam pekat. Dalam suhu ruangan, rendang bisa bertahan sampai berminggu-minggu. Rendang yang dimasak dalam tempo yang lebih singkat serta santannya belum jadi kering dimaksud kalio, berwarna coklat terang keemasan.
beef-rendang
Rendang bisa ditemukan di Rumah Makan Padang di seluruh dunia. Masakan ini popular di kelompok masyarakat Indonesia serta negara-negara di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina, serta Thailand. Di daerah aslinya, Minangkabau, rendang di sajikan dalam beragam upacara adat serta perhelatan istimewa. Walau rendang adalah masakan tradisional Minangkabau secara umum, masing-masing daerah di Minangkabau mempunyai tehnik memasak serta penggunaan bumbu yang tidak sama.

Rendang merupakan masakan yang memiliki kandungan bumbu rempah yang kaya. Tak hanya bahan dasar daging, rendang memakai santan kelapa (karambia), serta kombinasi dari beragam bumbu khas yang dihaluskan salah satunya cabai (lado), serai, lengkuas, kunyit, jahe, bawang putih, bawang merah serta bermacam bumbu yang lain yang umumnya disebut sebagai pemasak. Kekhasan rendang yaitu pemakaian bumbu-bumbu alami, yang bersifat antiseptik serta membunuh bakteri patogen hingga bersifat untuk bahan pengawet alami. Bawang putih, bawang merah, jahe, serta lengkuas di ketahui mempunyai aktivitas antimikroba yang kuat. Tak mengherankan bila rendang bisa disimpan 1 minggu sampai empat minggu.
Rendang_crt_indonesiatogodotcom
Sistem memasak rendang asli bisa menggunakan waktu berjam-jam (umumnya sekitar empat jam), oleh karena itu memasak rendang membutuhkan waktu serta kesabaran. Potongan daging dimasak bersama bumbu serta santan dalam panas api yang pas, diaduk pelan-pelan sampai santan serta bumbu terserap daging. Setelah mendidih, apinya dikecilkan serta terus diaduk sampai santan mengental dan jadi kering. Memasak rendang wajib sabar serta telaten ditunggui, senantiasa dengan hati-hati dibolak-balik supaya santan jadi kering serta bumbu terserap sempurna, tanpa menghanguskan atau menghancurkan daging. Sistem memasak ini di kenal dalam seni kuliner moderen dengan arti ‘karamelisasi’. Dikarenakan memakai banyak jenis bumbu, rendang di kenal mempunyai citarasa yang kompleks serta unik.