RESEP CIRENG RASA ENAK

Cireng (singkatan dari aci goreng, bahasa Sunda untuk ‘tepung kanji goreng’) yaitu camilan yang datang dari daerah Sunda yang di buat dengan cara menggoreng kombinasi adonan yang memiliki bahan utama tepung kanji atau tapioka. Camilan ini benar-benar popular di daerah Priangan, serta di jual dalam beragam wujud serta variasi rasa. Makanan ini cukup populer pada masa 80-an. Bahan makanan ini diantaranya terbagi dalam tepung kanji, tepung terigu, air, merica bubuk, garam, bawang putih, kedelai, daun bawang serta minyak goreng.
Resep-Cireng-Rasa-Keju
Bersamaan dengan perubahan zaman, cireng sudah terinovasi sampai variasi rasa yang ada meliputi daging ayam, sapi, sosis, baso, sampai keju serta ayam teriyaki. Juga inovasi bukan sekedar secara rasa tetapi wujud, misalnya yaitu cimol. Saat ini Cireng bukan sekedar ada di Priangan saja, namun telah menyebar ke nyaris semua penjuru Nusantara. Cireng yang dahulu biasanya di jual oleh pedagang yang menaiki sepeda dengan peralatan bikin Cireng dibagian belakang sepedanya, bahkan sudah tersedia on-line.

RESEP CIRENG RASA ENAK
Mari menyantap cireng yang disebut satu diantara dari bermacam kuliner simpel khas Bandung yang benar-benar popular ini. Tak hanya di sajikan sederhana dengan sambal kacang atau isian sambal oncom, cireng Bandung yang renyah serta gurih sangat populer dengan bermacam rasa serta variasi isinya. Namun untuk resep cireng saat ini, sudah cukup terasa nikmat walaupun tanpa isi atau disajikan cuma dengan saus sambal, terlebih digabungkan dengan beragam kombinasi isi.

Bahan serta Bumbu :

¼ kg tepung aci/kanji/tapioka
1 sendok makan tepung terigu
2 batang daun bawang, irislah tipis
2 batang daun seledri, irislah tipis
4 siung bawang putih, haluskan
½ sendok teh merica
1 gelas/200 ml santan
garam serta penyedap secukupnya
minyak untuk menggoreng
Cireng
CARA MEMBUAT CIRENG RASA ENAK :

Campur tepung aci dengan terigu ke dalam suatu wadah, beri merica, garam serta penyedap dan irisan daun bawang serta daun seledri lalu aduk rata.
Tumis bawang putih halus sampai harum, masukkan santan lalu aduk serta masak hingga mendidih. Angkat serta segera tuangkan ke dalam adonan tepung sembari diaduk rata lalu diuleni dengan tangan sampai kalis.
Wujud adonan sesuai selera atau dibentuk bulat serta dipipihkan lalu digoreng dengan minyak panas memakai api kecil sampai warnanya kecoklatan dan masak merata. Angkat, tiriskan lalu hidangkan saat panas.