Resep Pempek Lenggang Khas Palembang

Pempek Lenggang Sumatera Selatan – Pempek  adalah kuliner khas dari daerah Palembang yang terbuat dari bahan dasar ikan (biasanya ikan tenggiri) dan tepung sagu. Pempek biasa disajikan bersama kuah atau saus berwarna hitam kecoklatan yang orang Palembang biasa menyebutnya Cuka atau Cuko. Suas cuka ini dibuat dari air yang dididihkan dan ditambah dengan gula merah, cabe rawit dihaluskan dan udang ebi, serta bawang putih dan garam. Pempek bisa didapatkan dengan begitu mudahnya di seluruh kawasan di Sumatera Selatan khususnya di Palembang. Hampir disetiap tempat menjualnya, seperti restoran, kantin, penjaja makanan pinggir jalan, sampai penjual yang menjajakan mkanan sambil dipikul pun menjual pempek. Nah jika anda ingin membuatnya silahkan simak resep dasar pempek di Cara Membuat Pempek Lenggang Asli Palembang.

7

Bahan-bahan Pempek Lenggang :

  •     1 mangkok ikan yang telah dilumatkan
  •     1 mangkok tepung kanji
  •     Air garam secukupnya

Bahan-bahan Kuah pempek :

  •     5 cabe merah
  •     10 cabe rawit
  •     3-5 siung bawang putih
  •     Garam secukupnya
  •     Cuka secukupnya
  •     Gula aren
  •     Air matang secukupnya

8
Cara Membuat Pempek Lenggang :

  1. Belah ikan yang telah dicuci bersih, ambil bagian dagingnya saja dengan cara dikerok dengan sendok.
  2. Campurkan dengan tepung kanji, aduk-aduk, lalu tuangi garam sambil diaduk-aduk hingga merata dan menjadi sebuah adonan yang bisa digulung. Cobalah sedikit untuk memastikan apakah adonan sudah berasa asin atau belum jika belum tambahkan sedikit garam.
  3. Ambil sedikit adonan lalu gulunglah dengan menggunakan daun pisang lalu kukus hingga matang, buka daunnya dan dinginkan.

Cara Membuat Kuah Pempek :

Satukan semua bahan kuah atau saus lalu gerus atau haluskan semua bahan sampai benar-benar halus, tuangi dengan 1 mangkok air matang atau sesuaikan selera. Bubuhi dengan cuka secukupnya. Cicipi rasanya karena kuah atau saus harus berasa asin, asam, manis dan pedas. Apabila diinginkan bisa ditambahkan tongcai yang diiris-iris tipis. Bila diinginkan kuah yang  berwarna kecoklatan, tuangkan 1-2 sendok kecap kedalam campuran kuah/saus, diratakan.

Cara Penyajian Pempek Lenggang Asli Palembang :

  1. Semua jenis pempek sebelum disajikan harus digoreng terlebih dahulu dengan minyak panas, agar menambah rasa gurih dan empuk. Disajikan saat masih panas,dipotong-potong, letakkan dipiring. Lalu siram dengan kuah atau saus.
  2. Jika diinginkan agar tampilan lebih menarik tambahkan diatas pempek irisan tipis ketimun atau kol segar yang juga diiris tipis, lalu tuangkan kuah atau sausnya agak banyak dan taburi dengan bawang goreng secukupnya.

Nah mudah sekali kan cara membuatnya, tunggu apalagi? Selamat mencoba dan berkreasi.