Resep Susu Telur Madu Jahe Khas Jatim

Susu Telur Madu Jahe Jawa Timur – Waktu malam hari tentu cuaca akan berubah menjadi dingin, apalagi jika sedang musim penghujan pasti akan lebih dingin lagi. Saat menghadapi cuaca seperti ini masyarakat lebih suka makan makanan yang hangat dan juga hidangan minuman segar yang bisa menghangatkan badan. Berkaitan dengan hal tersebut ada salah satu hidangan minuman yang cukup terkenal dimasyarakat Indonesia, ketika cuaca seperti ini adalah apa yang disebut sebagai STMJ, yang tentunya mungkin bagi beberapa dari Anda tidak begitu asing denganya.
7
STMJ adalah singkatan dari Susu Telur Madu Jahe, sehingga minuman hangat seperti ini terbuat dari bahan utama, keempat bahan tersebut diatas, dan sering ada dan dijajakan oleh para pedagang dipinggir jalan ketika malam hari. Entah darimanakah asal-usul minuman segar seperti ini dan siapakah yang pertama kali membuat, sayangnya kami tidak mendapatkan informasi yang akurat. Namun yang jelas STMJ sudah tersebar luas dibeberapa daerah dinusantara, dan hampir disetiap kota kemungkinan besar ada yang menjualnya.
8
Masyarakat percaya jika minuman segarĀ Susu Telur Madu Jahe seperti ini bisa mengatasi masuk angin, dan selain itu yang lebih populer juga dianggap bisa meningkatkan stamina, sehingga sangat cocok buat anda yang sering bekerja untuk shift malam atau kerja lembur yang lebih membutuhkan tenaga ekstra. Namun tidak lepas dari hal tersebut, STMJ juga cocok dinikmati dipagi hari sebelum berangkat kerja atau aktifitas-aktifitas lainnya.

Minuman susu telor madu jahe memang mudah untuk bisa kita temukan dipinggir-pinggir jalan, namun sebagian besar hanya berdagang di malam hari. Padahal mungkin ada diantara anda yang ingin menikmatinya di pagi hari untuk menambah vitalitas ketika anda akan berangkat kerja. Oleh karena itu yang terbaik adalah mencoba membuatnya sendiri karena sebenarnya juga mudah, dan bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah didapatkan. Jika anda tertarik anda bisa membaca resep dan cara membuatnya yang dibawah ini

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 1 sachet susu kental manis untuk satu gelas
  • 1 kuning telur ayam kampung
  • 4-5 sendok makan madu
  • 3-4cm Jahe, dikupas kemudian memarkan
  • 5cm batang kayu manis
  • 2 butir cengkih
  • 2 butir kapulaga

Cara Membuat

  1. Siapkan air secukupnya kemudian rebus hingga mendidih masukan kapulaga, cengkih, jahe, dan susu.
  2. Siapkan gelas kemudian tuangkan madu dan kuning telur kemudian kocok
  3. Jika sudah adonan nomor 1 saring dan langsung masukan kedalam kocokan telur dan madu(nomor 2).