Resep Turun Temurun Lumpia Semarang

Cita rasa lumpia semarang yaitu kombinasi rasa antara Tionghoa serta Indonesia karena pertama kali di buat oleh seseorang keturunan Tionghoa yang menikah dengan orang Indonesia serta menetap di Semarang, Jawa Tengah. rujukan? Makanan ini mulai dijajakan serta di kenal di Semarang saat pesta olahraga GANEFO diadakan pada saat pemerintahan Presiden Soekarno.

lumpia-semarang

Saat ini, ada enam type lumpia semarang dengan cita rasa yang tidak sama. Pertama aliran Gang Lombok (Siem Swie Kiem), ke-2 aliran Jalan Pemuda (almarhum Siem Swie Hie), serta ketiga aliran Jalan Mataram (almarhumah Siem Hwa Nio). Ketiga aliran ini datang dari satu keluarga Siem Gwan Sing–Tjoa Po Nio yang disebut menantu serta putri tunggal pencipta lumpia Semarang, Tjoa Thay Yoe–Wasih serta yang paling akhir yaitu lumpia Jalan TanggaMus (Ny. Mechtildis Tyastresna Halim) lumpia nya bulat-bulat serta gurih

Aliran ke empat yaitu sejumlah sisa pegawai lumpia Jalan Pemuda, serta aliran ke lima yaitu orang-orang dengan latar belakang hoby kuliner yang membuat lumpia dengan resep hasil evaluasi dari lumpia yang telah beredar.

Generasi tertua waktu ini, yakni generasi ketiga Siem Swie Kiem (68), terus setia melayani konsumennya di kios warisan ayahnya (Siem Gwan Sing) di Gang Lombok 11. Kelebihan lumpia Gang Lombok ini menurut beberapa penggemarnya yang pernah didapati di kios itu yaitu racikan rebungnya tak berbau, juga kombinasi telur serta udangnya tak amis.

Lumpia buatan generasi ke empat bisa kita dapatkan di kios lumpia Mbak Lien alias Siem Siok Lien (43) di Jalan Pemuda serta Jalan Pandanaran. Mbak Lien melanjutkan kios almarhum ayahnya, Siem Swie Hie, yang merupakan abang dari Siem Swie Kiem, di Jalan Pemuda (mulut Gang Grajen) sambil buka dua cabang di Jalan Pandanaran.

lumpia-semarang (1)

Kekhasan lumpia Mbak Lien ini yaitu isinya yang diberi tambahan racikan daging ayam kampung. Saat awal mula melanjutkan usaha almarhum ayahnya, Mbak Lien bikin tiga jenis lumpia, yakni lumpia isi udang, lumpia isi ayam (untuk yang alergi udang), serta lumpia khusus diisi kombinasi udang dan ayam. Namun, lantaran merasa kerepotan serta terlebih kebanyakan konsumen suka yang khusus, saat ini Mbak Lien cuma bikin satu jenis lumpia semarang saja, yakni lumpia istimewa dengan isi rebung digabung udang serta ayam.