Sarapan Nasi Gurih di Banda Aceh

Nasi Gurih adalah menu sarapan yang cukup khas untuk warga Kota Banda Aceh. Pada pagi hari, tak sedikit warung-warung makan yang menjual menu sarapan jenis ini. Satu diantara tempat yang dapat Anda singgahi untuk mencicipi nasi gurih yaitu Mutiara Cafe yang terdapat di jejeran ruko yang ada di Jalan Diponegoro, benar-benar dekat dengan Masjid Raya Baiturrahman. Walau bertajuk cafe, namun Mutiara Cafe ini tidak lebih dari sebatas warung makan umum dengan menu andalan Nasi Gurih. Walau demikian, di Mutiara Cafe juga ada menu yang lain, seperti bakso, mie kocok serta bermacam minuman fresh.

Bu-Guri

Nasi Gurih yaitu nasi yang dimasak dengan kombinasi santan kelapa disertai bumbu serta rempah-rempah yang khas, hingga mempunyai aroma yang demikian menggoda dengan rasa yagn nikmat. Untuk nikmati Nasi Gurih, Anda dapat menentukan bermacam lauk-pauk, salah satunya dendeng (khas Aceh), telur dadar, telur mata sapi, ikan lado, ikan goreng, rendang, paru, babat, usus serta sebagian lauk yang lain. Nasi Gurih beserta lauk ini kelak disantap dengan penambahan kacang, tauco, kering tempe serta teri, dan sambal serta kerupuk. Pada dasarnya, wujud penyajian seperti ini cukup serupa dengan Nasi Uduk ataupun Nasi Lemak. Cuma saja pilihan lauk untuk Nasi Gurih ini benar-benar bermacam.

Bagaiamana dengan rasanya? Nasi Gurih ini kelihatannya bakal pas untuk lidah siapa saja yang mencicipinya. Rasanya memang sungguh-sungguh gurih dengan santan yang begitu terasa. Penambahan kacang goreng dalam sajian menu juga berikan kesan unik. Satu hal yang perlu diingat, Anda mesti pesan dendeng untuk menemani Nasi Gurih, lantaran dendeng khas Aceh yang kering itu betul-betul memanjakan lidah. Benar-benar enak!

nasi-gurih1
Secara umum, harga Nasi Gurih yang di jual di Kota Banda Aceh, termasuk di Mutiara Cafe, tergolong cukup murah. Umumnya warung-warung itu cuma membanderol harga pada Rp 7. 000 sampai Rp 18. 000 saja untuk satu porsinya. Mahal atau murahnya harga sangat bergantung dari bermacam lauk yang diambil. So, ingin nikmati sarapan Nasi Gurih di Banda Aceh?