Sejarah Tari Kecak Bali

 Tari Kecak biasanya dikatakan sebagai tari ” Cak ” atau tari api (Fire Dance) adalah tari pertunjukan masal atau hiburan serta cendrung untuk sendratari yakni seni drama serta tari karena semuanya melukiskan seni peran dari ” Lakon Pewayangan ” seperti Rama Sita serta tidak secara spesial digunakan dalam ritual agama hindu seperti pemujaan, odalan serta upacara yang lain.
wpezgkjt
Wujud – wujud ” Sakral ” dalam tari kecak ini biasanya ditunjukan dalam hal kerauhan atau masolah yakni kekebalan secara gaib hingga tak terbakar oleh api.

Keunikan.
Tak seperti tari bali yang lain memakai gamelan untuk musik pengiring namun dalam pementasan tari kecak ini cuma menggabungkan seni dari suara – suara mulut atau teriakan – teriakan seperti ” cak cak ke cak cak ke ” hingga tari ini dimaksud tari kecak.

Tarian Kecak ini dapat ditemukan di sebagian tempat di Bali, namun yang di Uluwatu yaitu yang paling menarik untuk dilihat karena atraksinya bersamaan dengan sunset atau matahari terbenam.

Menurut Wikipedia, kecak di ciptakan pada tahun 1930-an oleh Wayan Limbak yang bekerja sama juga dengan pelukis Jerman Walter Spies menurut tradisi Sanghyang serta bagian-bagian cerita Ramayana. Wayan Limbak memopulerkan tari ini waktu berkeliling dunia bersama-sama rombongan penari Bali-nya.

Tak hanya cerita Ramayana, terdapat banyak judul serta tema kecak yang sering dipentaskan seperti :
– Kecak Subali serta Sugriwa, di ciptakan pada tahun 1976.
– Kecak Dewa Ruci, di ciptakan pada tahun 1982.
Keduanya adalah hasil karya dari Bapak I Wayan Dibia.
kecak3
Untuk satu pertunjukan tari kecak di dukung oleh beberapa factor yang sangat penting, Lebih lebih dalam pertunjukan kecak ini menghidangkan tarian untuk pengantar cerita, tentu musik benar-benar vital untuk mengiringi lenggak lenggok penari. Tetapi dalam dalam Tari Kecak musik dihasilkan dari kombinasi nada angota cak yang berjumlah sekitar 50 – 70 orang semuanya akan membuat musik dengan cara akapela, seseorang akan bertindak sebagai pemimpin yang memberikan suara awal seorang lagi bertindak untuk penekan yang bertugas memberikan desakan suara tinggi atau rendah seorang bertindak untuk penembang solo, serta sorang lagi bakal melakukan tindakan sebagai ki dalang yang mengantarkan alur narasi. Penari dalam tari kecak dalam gerakannya tidak mestinya ikuti pakem-pakem tari yang diiringi oleh gamelan. Jadi dalam tari kecak ini gerak badan penari lebih enjoy karena yang diprioritaskan yaitu jalan narasi serta kombinasi suara.