Semur Jengkol Khas Betawi

Semur adalah satu diantara masakan asli khas Indonesia. Semur yang memiliki bahan utama seperti pala, lengkuas, bawang merah, bawang putih, kecap manis dan bumbu-bumbu yang lain hingga sesudah dimasak mempunyai bumbu berwarna coklat yang khas dengan rasa yang khas juga.

semur-jengkol-geprek
Semur jengkol adalah masakan asli khas Betawi, Jakarta. Semur jengkol juga adalah masakan yang benar-benar popular hingga telah menyebar keseluruh lokasi Indonesia. Serta yang paling penting dalam sistem pembuatan semur jengkol yakni ketepetan bumbu untuk membuahkan rasa semur jengkol yang pas dan menyatu dengan bahan-bahan bumbu yang lain.
Adapun langkah-langkah dan cara membuat semur jengkol seperti berikut :

Bahan-bahan :

1. 1 kg jengkol (yang agak tua).
2. 1 btg serai (geprak serta memarkan).
3. 4 cm lengkuas (geprak serta memarkan).
4. 3 lbr daun salam.
5. 3 sdm minyak goreng (untuk menumis).
6. ½ ltr air masak.
7. Kira-kira 5-6 sdm kecap manis.

Bahan bumbu yang dihaluskan :

1. 8 siung bawang merah.
2. 4 siung bawang putih.
3. 5 btr kemiri (sangrai).
4. 5 bh cabai merah.
5. ½ sdt merica bubuk.
6. 1½ sdm pala bubuk.
7. 1 sdt garam.

Langkah membuat :

Pertama, kupas terlebih dulu kulit jengkol lalu ambillah isi dari jengkol itu. Setelah itu rendam jengkol selama 1 hari supaya jengkol tak terlampau berbau. Sesudah jengkol di rendam, rebus jengkol sampai masak. Lalu geprek serta pipihkan jengkol yang sudah masak tadi lalu tiriskan.
Setelah itu haluskan semua bumbu yang dihaluskan.
Kemudian siapkan wajan lalu panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Tambahkan juga serai, lengkuas serta daun salam lalu tumis bumbu sampai harum.
Lalu masukkan jengkol kedalam tumisan lalu aduk sampai rata. Tambahkan air masak dengan cara perlahan-lahan serta tambahkan juga kecap manis kedalam tumisan jengkol, lalu aduk secara merata.
Diamkan sampai air jadi kering serta bumbu betul-betul meresap kedalam jengkol.
Sesudah bumbu meresap kedalam jengkol serta airnya jadi kering, lalu angkat semur jengkol. Hidangkan semur jengkol di atas piring saji.
semur-jengkol
Semur jengkol nikmat disantap berbarengan nasi putih hangat berserta lauk. Selamat mencoba resep serta langkah membuat semur jengkol enak serta lezat khas Betawi.