Surga Penyelam di Kepulauan Derawan

Kepulauan Derawan Kalimantan Timur – Pulau ini merupakan surga wisata daerah tropis yang sempurna dengan kombinasi sinar atmahari yang hangat, pemandangan pantai pasir putih nan halus, pohon kelapa yang melambai, serta laut jernih yang berubah warna dari hijau ke biru kobalt. Pemandangan bawah laut di tempat ini juga luar biasa, Anda bisa menemukan kura-kura raksasa, lumba-lumba, ikan pari, duyung, barakuda, serta ubur-ubur stingless. Ikan Hiu Derawan adalah salah satu keragaman hayati yang paling berharga di Pulau ini. Dengan kekayaan bawah lautnya maka tidak mengherankan apabila kemudian Derawan dikenal sebagai salah satu tujuan wisata menyelam terbaik di dunia.
17
Berada tak jauh dari daratan Kabupaten Berau di Kalimantan Timur, Kepulauan Derawan terdiri dari 31 pulau dan yang paling terkenal di antaranya adalah Pulau Derawan, Maratua, Sangalaki, dan Kakaban. Di sini bersarang kura-kura hijau langka dan juga penyu sisik. Anda dapat menyaksikan setiap hari penyu bertelur di pasir atau berenang ke laut bersama kura-kura. Seluruh wilayah konservasi laut ini luasnya tidak kurang dari 1,27 juta hektar.

Anda dapat menemukan setidaknya 460 jenis karang dan ini terbanyak kedua setelah Raja Ampat di Papua Barat. Di Derawan setidaknya ditemukan lebih dari 870 jenis ikan mulai dari kuda laut kerdil hingga pari manta raksasa. Dalam beberapa hari, sekelompok pari manta ini dalam jumlah banyak hingga 50 ekor dapat Anda lihat sedang makan bersama di perairan Derawan.

18
Di Kakaban, Anda dapat menemukan danau ubur-ubur terbesar dan paling beragam di dunia, termasuk empat spesies unik ubur-ubur stingless  yang dapat berenang terbalik. Inilah alasanya mengapa Kakaban dipertimbangkan menjadi nominasi Situs Warisan Dunia UNESCO.

Untuk menuju Kepulauan Derawan dapat dicapai melalui penerbangan ke Balikpapan di Kalimantan Timur dari Jakarta, Surabaya atau Denpasar dengan Garuda Indonesia. Berikutnya Anda dapat mengambil penerbangan penghubung dengan Garuda Indonesia, Kalstar, Deraya atau DAS ke Tanjung Redep di Berau. Dari sana berikutnya kapal akan mengatar Anda ke Kepulauan Derawan.