Tahu Tek Masakan Khas Surabaya

 Tahu tek yaitu satu diantara makanan khas kota Surabaya. Tahu tek terdiri atas tahu goreng 1/2 matang serta lontong yang dipotong kecil-kecil dengan alat gunting serta garpu untuk memegang tahu atau lontong, kentang goreng, sedikit taoge, serta irisan ketimun dipotong kecil-panjang (seperti acar), lalu setelah disiram dengan bumbu di atasnya, ditaburkan kerupuk udang yang memiliki bentuk kecil dengan diameter sekitar 3 cm.
tahu tek
Potongan tahu serta lontong lalu disiram dengan bumbu yang terbuat dari petis, air masak seperlunya, kacang tanah, cabai, serta bawang putih. Bumbu diulek, yakni ditumbuk sembari diaduk dengan ulekan dalam cobek cekung besar terbuat dari batu (memiliki bentuk seperti mangkok besar), hingga bumbu ini mesti benar-benar kental. Petis yang dipakai direkomendasikan petis dari Sidoarjo, karena jadi lebih enak serta asli sesuai dari daerah aslinya (Surabaya berbatasan langsung dengan Sidoarjo).

Diberi nama tahu tek karena gunting yang dipakai untuk memotong bahan masakan (tahu, lontong, kentang, serta telur) dibunyikan terus seakan memotong, meskipun bahan makanan sudah habis dipotong, hingga seperti berbunyi tek.. tek.. tek.

Pada awalnya hidangan ini oleh penjual tahu tek disajikan dengan porsi paling banyak yaitu tahu goreng 1/2 masak yang digunting kecil-kecil serta kentang, untuk perkembangan sekarang dalam menghidangkan, si penjual tahu tek memberi lontong yang digunting-gunting kecil untuk bahan paling banyak untuk satu porsi makanan tahu tek. Tahu tek adalah makanan yang di tawarkan keliling karena belum pernah ada warung yang sediakan makanan tahu tek ini.

Dalam sebagian variasi yang ada di Jakarta, penjual tahu tek juga sediakan tahu telur yang di buat dengan menggoreng tahunya bersama adonan telur.

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
2 buah tahu putih (400 gram)
2 siung bawang putih, dihaluskan
1 sendok teh garam
500 ml air
4 buah lontong
100 gram taoge, diseduh, ditiriskan
2 sendok makan bawang merah goreng untuk taburan
2 batang seledri, irislah halus untuk taburan
100 gram kerupuk kanji, digoreng
minyak untuk menggoreng

Bahan Sambal :
150 gram kacang tanah kulit, digoreng, dihaluskan
2 buah cabai merah keriting
2 buah cabai rawit merah
1 siung bawang putih
1 1/4 sendok teh garam
3 1/2 sendok teh gula merah
1 sendok makan petis udang
200 ml air
tahutek
Cara Pengolahan :

Sambal : haluskan cabai merah keriting, cabai rawit merah, bawang putih, garam, serta gula merah. Tambahkan petis udang. Ulek rata.
Masukkan kacang tanah. Ulek rata. Tuangkan air. Aduk rata.
Rendam tahu dengan larutan bawang putih, garam, serta air. Goreng hingga masak.
Tata potongan lontong, potongan tahu, serta taoge. Siram dengan sambal. Tabur bawang merah goreng, seledri, serta kerupuk kanji.