TAMAN LAUT 17 PULAU RIUNG (Salah Satu Tempat Menarik Di NTT)

Th. 1995, Ngada di Kabupaten Ngada, Flores, Nusa Tenggara Timur pernah masuk dalam tentative daftar UNESCO untuk world heritage lantaran orang-orangnya mempunyai kebudayaan yang menarik serta khas. Tak hanya kebiasaan orang-orang desa tradisionalnya yang “memukau”, daya tarik alam juga adalah suatu selipan pelengkap yang dipunyainya. Satu diantara yang memukau dari alam Ngada yaitu Taman Laut 17 Pulau Riung.

 

Taman Laut 17 Pulau Riung 

rasir-putih-riung17 pulau riung flores

Taman Laut 17 Pulau Riung adalah gugusan pulau-pulau yang besar serta kecil terhampar memanjang dari Toro Padang di samping barat sampai Pulau Pangsar di samping Timur. Seluruh dari pulau-pulau itu nyaris tak ditempati oleh manusia. Lokasi Taman Laut 17 Pulau Riung ada di Kecamatan Riung yang mencakup lima desa, yakni : Sambinasi, Nangamese, Benteng Tengah, Tadho serta Lengkosambi.

17 pulau riung ntt foto 17 pulau riung

Untuk tiba di Taman Laut 17 Pulau Riung bisa ditempuh lewat jalan bukit berliku serta aspal sempit yang naik turun. Kadang-kadang, pengunjung mesti menepis rasa ngeri merayap jalanan di pinggir jurang. Walau demikian, apa yang menanti disana nanti yaitu keelokan yang “memukau” mampu membuai siapa saja.
Riung tetap tersembunyi dari keramaian.

pulau tiga riung twal 17 pulau riung

Cuma wisatawan mancanegara tiada baju yang tetap kerap tampak hilir mudik di kota kecil ini. Mereka kelihatannya baru 1/2 jalan nikmati agenda petualangan di satu diantara taman laut paling baik di Flores. Sungguh jauh mereka dari kampung halaman di negeri empat musim sana. Namun keramahan masyarakat yang polos bikin situasi seperti di lingkungan mereka yang lebih lengang, tidak seperti Jakarta atau Surabaya, terlebih Bali.

pulau kelelawar riung pulau riung 17

Sepintas, Riung seperti kota kecamatan yang tidak ingin disentuh keramaian. Nyatanya, memanglah sekian lantaran akses yang demikian jauh serta menantang, melalui bukit berlipat ganda yang juga nyaris melebihi kata “memukau”. Di satu diantara sisi perjalanan menuju Riung dari Bajawa di pinggir selatan, kerumunan bukit tundra hijau yang ditumbuhi sebagian pohon lontar seakan kue lagi th., berikan sensasi waktu bahagia itu jadi.

pulau riung flores pulau riung
Orang-orang pesisir pantai Riung ditempati orang-orang Oting Bajo yang beberapa besar populer untuk penghuni lautan di Nusantara. Mereka tidak banyak menunjukkan diri tak hanya di lingkungan perumahan di pinggir pantai serta area dermaga Riung yang sunyi. Beberapa orang-orang yang lain bercocok tanam tempat kering serta juga buka usaha homestay untuk pengunjung.